Connect with us

Desa Hade

Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan, Desa Cijayanti Gelar Pertemuan

Published

on

BOGOR – Dalam upaya meningkatkan kapasitas kelembagaan, Pemerintah Desa Cijayanti menggelar pertemuan dengan seluruh perangkat Desa, Kamis, (02/05/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Cijayanti Ahmad Paojan, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Desa Cijayanti akan merayakan hari jadinya yang ke 97 (HJC Ke 97 thn). Untuk menyambut HJC Kepala Desa memberikan tugas kepada pengurus wilayah mulai melakukan kegiatan bersih-bersih di wilayah masing-masing di mulai dari Pasir Maung hingga Pasir Karet. Menurutnya Perayaan HJC tahun ini harus lebih meriah.

“Mulai besok hari jumat diadakan kegiatan bersih-bersih di wilayah, bersama-sama kita bersihkan dan rapihkan serta indahkan desa kita,” Ucapnya.

Menurut Paojan, Kepala Desa, Sekdes, BPD sudah bersilaturahmi ke tempat Kang Dedi Mulyadi dan beliau siap hadir dalam acara HJC nanti. “Dimana kita dari Desa Cijayanti sangat di terima dan disambut baik oleh Kang Dedi di kediamannya”, ungkapnya.

Advertisement

Disamping itu, Paojan juga menyampaikan bahwa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa menghadirkan program desa yaitu Sipedas, dimana Sipedas adalah Sistem Informasi Pelayanan Dasar yang merupakan program desa dimana Sipedas di akui oleh Pemda, Dinsos, BPJS dan Rumah Sakit.

“Sipedas adalah kumpulan dari Tagana, Puskesos dan semua yang bersifat sosial berkumpul di Sipedas ini, harus ada kerjasama pengurus diwilayah karena pelayanan ke masyarakat,” Ucapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang tugas pokok dan fungsi serta hak dan kewajiban lembaga desa, juga untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa menyampaikan apresiasinya atas keberhasilannya mengadakan kegiatan masyarakat yaitu “Lomba Tabuh Bedug” yang di prakarsai oleh Forum Sadulur Cijayanti.

Advertisement

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Cijayanti Aipda Sulaeman menyampaikan pentingnya sebuah kekompakan pengurus lembaga desa dan jangan mau di pecah belah, tingkatkan siskamling di wilayah masing-masing untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan wilayah.

“Alhamdulillah untuk desa cijayanti luar biasa pengurusnya kompak, PR satu kita adalah masalah di wilayah Kp. Cicerewed. Pemerintah Desa sudah berupaya penuh untuk mencari solusi. Lembaga Desa selalu berkoordinasi kepada Desa dalam hal sekecil apapun, untuk kenakalan remaja kita perlu perhatikan untuk anak-anak kita kalau jam 10 malam sudah berada di rumah dan selalu di kontrol oleh orang tua,” tegas Aipda Sulaeman.

Selanjutnya Ketua BPD Holili Setiawan menyampaikan materi tentang Pemerintah Desa dan tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa secara pengertian, regulasi, hak dan kewajiban serta tugas pokok dan fungsi sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa. Untuk memberdayakan Lembaga Kemasyarakatan Desa di Desa tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah. Tapi juga harus dilakukan oleh Kader atau Anggota itu sendiri. Jadi, dibentuknya kepengurusan Lembaga Kemasyarakatan Desa di tingkat Desa hingga Nasional adalah untuk memberdayakan Lembaga Desa, bukan untuk asyik berkegiatan sendiri.

“Bahwa point kita dari Pemerintah Desa itu adalah masyarakat, masyarakat harus terhubung dengan Pemerintah Desa siapa yang menghubungkan adalah Lembaga Kemasyarakatan Desa. Perlunya database warga yang harus dimiliki oleh pengurus wilayah,” Katanya.

Advertisement

Menurut Holil, dari BPD untuk kedepannya menginginkan ada raport untuk Lembaga Kemasyarakatan Desa yang aktif untuk diberikan reward dan yang tidak aktif diberikan punishman. (dit)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.