Connect with us

Featured

Cetak Wartawan Profesional, PWI Kota Bogor Siap Gelar OKK

Published

on

Bogor – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor siap menggelar Orientasi Kewartawan dan Keanggotaan (OKK) atau dulu dikenal dengan Karya Latih Wartawan (KLW). Kegiatan ini akan dilaksanakan di Bogor Valley Hotel, Jalan Sholeh Iskandar No. 5, Tanah Sareal, Kota Bogor, Sabtu, 29 Agustus 2020 mendatang.
OKK ini bertujuan agar PWI Kota Bogor sebagai organisasi wartawan tertua di Indonesia memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan kepada wartawan yang akan bergabung dengan PWI. Selain itu OKK ini digelar untuk melahirkan wartawan yang profesional dan bertanggung jawab secara moral.
Rencananya kegiatan ini hanya dapat diikuti maksimal 50 wartawan yang bertujuan sebagai kaderisasi anggota baru bagi peserta OKK tingkat dasar.
Menurut Ketua Pelaksana OKK PWI Kota Bogor, Aldho Herman Indrabudi, Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian merupakan program kerja PWI Kota Bogor ini merupakan representasi bagi wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kota Bogor khususnya, yang akan menjadi anggota PWI.
“Mudah-mudahan OKK ini bisa jadi daya ukur dalam hal peliputan bagi wartawan se-Kota Bogor, sekaligus melatih dasar ilmu jurnalistik. Dengan harapan wartawan makin profesional dan mengerti apa batasan-batasan dalam memberikan informasi yang tidak menyalahi kode etik jurnalistik,” ujar Aldho di sekretariat PWI Kota Bogor, Jalan Kesehatan No. 4, Tanah Sareal, Kota Bogor, Senin 20 Juli 2020.
Sementara Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menambahkan, sebagai salah satu organisasi profesi wartawan yang diakui Dewan Pers, PWI bertanggung jawab untuk melahirkan kader wartawan yang profesional dan menjunjung tinggi kode etik dalam setiap kegiatan jurnalistiknya.
“OKK ini merupakan program PWI dan merupakan proses kaderisasi bagi anggota PWI di Kota Hujan. Berangkat dari OKK maka rekan-rekan calon anggota sudah bisa mulai berorganisasi di PWI,” tutur pria yang akrab disapa Arie itu.
Arie juga mengatakan, wartawan merupakan profesi yang memilki martabat, sehingga sebagai seorang pencari berita, dalam menulis karya jurnalistiknya, wartawan harus tergabung dengan salah satu organisasi profesi yang memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers.
“Sebagai seorang pencari berita, dalam menulis karya jurnalistiknya, wartawan harus jelas memilih organisasi resmi, salah satunya adalah PWI yang telah memiliki legitimasi yang jelas dari Dewan Pers. Dengan bergabung dalam organisasi wartawan ini, diharapkan wartawan punya legitimasi dan kepastian hukum ketika ada masalah,” ungkapnya. (admin)
 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.