Connect with us

Featured

Ridwan Kamil Intruksikan Korban Banjir Bandang Pamijahan Mendapat Tempat Yang Layak

Published

on

Bogor – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan peninjauan langsung ke lokasi terjadinya musibah banjir bandang di Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Minggu (26/06).

Kunjungan Ridwan Kamil (RK) dipusatkan di Lapangan Bola Desa Karacak Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Hal itu dilakukan RK untuk melihat secara langsung dampak banjir kepada warga sekaligus memberikan bantuan baik moril maupun materil.

Dalam sambutannya, Emil memberikan arahan sekaligus instruksi kepada jajarannya agar seluruh pengungsi dipastikan mendapat tempat yang layak serta terus dimonitor dengan baik.

“Lakukan terus pendataan untuk urusan sembako dan kebutuhan yang lainnya, Insya Allah ada bantuan dari negara. Permasalahan bencana ini adalah permasalahan bersama, oleh karena itu kami datang membawa bantuan sebesar Rp500 juta, ini fokus untuk dana tanggap bencana serta nanti ada dana darurat dari Pemkab Bogor juga,” jelasnya.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, hadir mewakili Plt Bupati Kabupaten Bogor. Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan pendataan sesuai jumlah korban yang terdampak. Selain itu, Burhanudin juga menerangkan bahwa dari 14 kecamatan yang berada di wilayah Bogor Barat sangat rentan dengan bencana alam.

“Pendataan korban yang terdampak sudah kami lakukan, melalui pos utama penanggulangan yang kita siapkan, serta sedang dilakukan pembukaan akses jalan bagi warga dan petugas yang sebelumnya memang terisolir karena dampak dari banjir bandang itu sendiri,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Leuwiliang, Daswara Sulanjana, dihadapan Gubernur Jabar memaparkan bahwa akses jalan yang tertutup kini sedang dikerjakan oleh PT. Cepron serta pihak Dinas PUPR.

“Oleh karena itu himbauan juga bagi masyarakat Cianten dan sekitarnya untuk mengambil jalur Sukabumi karena memang akses jalan masih terputus dan belum bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda 4,” ucapnya.

Advertisement

Di tempat yang sama, Camat Pamijahan, Imam Mahmudi, menjelaskan bahwa kronologi kejadian yang terjadi di Pamijahan tepatnya pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, dan akibat kejadian ini ada 2 orang yang meninggal dunia.

“Kurang lebih 60 unit rumah mengalami kerusakan baik rusak berat maupun ringan, dan ada 3 jembatan yang terputus, serta akses jalan terputus akibat longsor,” ujar Imam.

Selain itu, pada pukul 10.05 wib, Gubernur Jabar beserta rombongan menuju titik bencana banjir di Kampung Cisarua Desa Purasari dan juga dilakukan penyerahan bantuan.

Kedatangan Gubernur Jabar meninjau lokasi bencana, selain memberi bantuan, juga memberi dukungan moril kepada para korban.

Advertisement

Tampak hadir dalam kunjungan tersebut, Dandim 0621 Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, AKBP Iman Imanuddin selaku Kapolres Bogor beserta Wakapolres Bogor Kompol Wisnu, dan Kepala Pelaksana BPBD Kadipaten Bogor Yani Hasan. (redaksi)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.