Connect with us

Featured

Wujudkan Ekosistem Inovasi Kreativitas, Bapperida Kota Bogor Gelar BIA 2024

Published

on

KOTA BOGOR – Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bogor menggelar Bogor Innovation Awards (BIA) 2024 di Bogor Creative Center (BCC), Kecamatan Bogor Tengah, pada Rabu (4/9/2024).

BIA 2024 ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya ekosistem inovasi dan kreativitas di Kota Bogor.

Kepala Bapperida Kota Bogor, Rudy Mashudi, menyampaikan bahwa BIA 2024 mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan pelajar.

“Jumlah peserta meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu, dengan total 209 tim yang berpartisipasi,” ujar Rudy kepada wartawan.

Advertisement

Rudy mengungkapkan, bahwa peserta BIA 2024 terdiri dari 33 tim dari Kategori SMP, 44 tim dari SMA, 41 tim dari Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian, 26 tim dari Masyarakat dan Komunitas, serta 65 tim dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Rudy menambahkan, BIA tahun ini mengangkat tema “Membangun Ekosistem Inovasi Kreasi serta Menebar Inspirasi Agar yang Baik Jadi Kebaikan Bersama.” Bidang yang dilombakan meliputi energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, pangan dan agribisnis, teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, serta ekonomi kreatif.

“Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bogor, yang telah disetujui oleh Gubernur Jawa Barat, Kota Bogor akan dikembangkan menjadi Kota Saintifik yang Kreatif, Maju, dan Berkelanjutan,” tuturnya.

Dalam perlombaan ini, para peserta akan dinilai oleh juri yang berasal dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, Pemkot Bogor, dan akademisi dari IPB University.

Advertisement

“Total hadiah yang akan diberikan kepada tim-tim terbaik mencapai Rp126 juta. Selain itu, setiap pemenang juga akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas hasil inovasi atau produk mereka,” jelasnya.

Rudy menjelaskan bahwa tujuan utama dari Bogor Innovation Awards adalah untuk mendorong terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas di Kota Bogor.

“Kami ingin memberikan ruang bagi inovasi dan kreativitas di Kota Bogor. BIA ini sudah ada sejak tahun 2019,” katanya.

Rudy menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi sebagai landasan penting untuk bersaing dengan daerah lain, sesuai dengan dokumen RPJPD Kota Bogor.

Advertisement

“Kami harap ini menjadi bagian dari proses pembelajaran bersama bagi para pemangku kepentingan inovasi di Kota Bogor agar dapat direplikasi dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.