Connect with us

Berita Arsip

Negara Masih Abai Dalam Pemenuhan Hak-Hak Kewarganegaraan

Published

on

Sukabumi –  Untuk menjaga keberagaman dalam berkeyakinan, LSM Lensa Sukabumi dengan beberapa elemen masyarakat menggelar konsolidasi untuk Pemenuhan Hak-Hak Kewarganegaraan, Minggu (26/3).

Ketua Lensa Sukabumi Ustadz Daden Sukendar menegaskan bahwa negara Indonesia begitu luas dengan berbagai suku, bahasa dan agama dan memiliki potensi kekayaan yang begitu besar namun hal ini memiliki resistensi yang besar terjadinya konflik, jika tidak dikelola dan dijaga dengan baik. “Keberagaman itu dilindungi konstitusi dan jangan pernah satu komunitaspun merasa paling oke,” ungkap Ustadz Daden, Minggu (26/3).

Ustadz muda yang akrab disapa dengan Kang Dasuk kembali mengatakan bahwa hak dasar itu melekat kepada setiap individu yang berlaku secara universal dan secara pribadi setiap warga negara memiliki hak politik dan hak ekonomi. “hak kewarganegaraan adalah hak untuk hidup, hak kebebasan beragama, hak untuk bekerja dan hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak,” tegasnya.

Sementara Ketua Yayasan Satu Keadilan Sugeng Teguh Santoso, SH, yang juga diundang sebagi pembicara menegaskan, kebebesan beragama dan berkeyakinan adalah hak individu yang dilindungi konstitusi, namun sayangnya saat ini negara masih abai dalam menjaga dan menjalankan konstitusi tersebut.”Konflik yang terjadi dibeberapa wilayah lebih banyak dikarenakan pemerintah tidak tegas dan berpihak,” kata Sugeng, Minggu (26/3).

Advertisement

Ketua Yayasan Satu Keadilan yang juga Sekjend DPN Peradi LMPP Sugeng Teguh Santoso kembali mengatakan hari ini masih ada kesulitan dan pelarangan soal pembangunan rumah ibadah dan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk membuat aturan yang berlaku untuk semua agama agar masyarakat tidak dirugikan dalam menjalankan ibadah dan keyakinannya.

“NKRI adalah rumah bersama yang harus dijaga bersama oleh kita dan untuk kita,” Pungkasnya. (boy/01)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.