Connect with us

Budaya

Beri Edukasi Soal Toleransi, Vihara Dhanagun Buka Puasa Bareng Ratusan Anak Yatim

Published

on

KOTA BOGOR – Sebanyak 400 lebih anak yatim mengikuti buka bersama di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, Kota Bogor pada Rabu (27/4/2024).

Buka bersama dan santunan kepada anak yatim ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Vihara Dhanagun.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan di Vihara Dhanagun ini merupakan tradisi yang sangat jarang terjadi di berbagai daerah lain.

“Hampir 10 tahun kegiatan buka puasa bersama dilakukan secara konsisten, berbagi menyantuni anak yatim dari pengurus Vihara Dhanagun,” ucap Bima Arya.

Advertisement

Ia megungkapkan, bahwa kegiatan yang melibatkan lintas agama ini merupakan tradisi yang harus dijaga. Sebab, kegiatan ini sangat luar biasa menginspirasi.

“Saya agak sulit melihat padanannya di kota-kota lain, ini contoh rumah ibadah yang terbuka untuk semua, dan bukan hanya warga dan komunitas, tapi bersama Forkopimda, ada Danrem, Dandim, Danlanud, Kapolres, bersatu semua disini,” katanya.

Ia menyebut, kegiatan buka puasa bersama di Vihara Dhanagun ini merupakan simbol kebersamaan yang sangat luar biasa di Kota Bogor.

“Saya berterima kasih kepada pengurus Vihara Dhanagun, yang konsisten melakukan kegiatan sosial ini,” ujarnya.

Advertisement

Tak hanya itu, selain kegiatan buka puasa bersama dan santunan, Vihara Dhanagun juga konsisten menyediakan layanan kesehatan gratis bagi kaum duafa tanpa melihat agamanya.

“Saya berharap ke depan ini dijaga, siapapun wali kotanya siapapun Forkopimdanya,” jelas Bima.

Ia memaparkan, kegiatan buka puasa bersama dan santunan ininmerupakan edukasi tentang toleransi antar umat beragama dinKota Bogor.

“Pesan yang kuat dari sini adalah edukasi sejak dini tentang toleransi, anak-anak ini melihat bagaimana pimpinanya, tokoh-tokohnya, walaupun berbeda-beda latar belakangnya, tapi beramal disini untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat,” sambung dia.

Advertisement

Melalui kegiatan ini, lanjut Bima Arya, anak-anak menjadi terbiasa melihat perbedaan.

“Nah itu nilai yang mahal dan pesan yang kuat dari sini. Dan akan dirasakan, mereka melihat bagaimana umat Islam berbagai di tempat ibadah Vihara Dhanagun ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hettyana Yasin Raharja menuturkan, kegiatan buka puasa bersama di Vihara Dhanagun menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan kebersaman antar umat beragama di Kota Bogor.

“Tahun ini jumlahnya lebih banyak, lebih dari 400 anak yatim dan lebih dari 200 pendamping,” tutur Hettyana Yasin Raharja.

Advertisement

Menurutnya, kegiatan sosial ini sudah berlangsung sejak 2015 digelar oleh Vihara Dhanagun.

“Rencananya pada Minggu (31/4/2023) akan mengundang para penyandang disabilitas,” pungkasnya. (dit)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.