Connect with us

Bisnis

SPAM Cipinang Gading Solusi Untuk 5000 Pelanggan Air Bersih Tirta Pakuan

Published

on

KOTA BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor kini sudah memiliki Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM baru di wilayah Cipinang Gading, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan yang mampu melayani 5000 pelanggan air bersih diwilayah tersebut.

Peresmian SPAM Cipinang Gading yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, dengan ditandai penandatanganan prasasti di SPAM Cipinang Gading.

Bima Arya menyebut SPAM Cipinang Gading, merupakan sebuah persembahan yang manis di hari ulang tahun Perumda Tirta Pakuan ke-47, untuk warga Kota Bogor, khususnya di Kecamatan Bogor Selatan.

Di mana, selama ini ada ribuan warga di wilayah tersebut yang belum dapat mengakses air bersih. Saat ini, sumber air hanya dari sungai yang mengalir dari gunung.

Advertisement

“Dengan dibangunnya SPAM Cipinang Gading ini 5.000 rumah bisa dialiri dengan baik, dan tentu ini akan meningkatkan kualitas kehidupan,” kata Bima Arya.

Menurut dia, SPAM ini wujud kolaborasi dari Perumda Tirta Pakuan dengan berbagai pihak dengan menelan anggaran kurang lebih Rp100 miliar.

“Artinya ini adalah ikhtiar untuk meningkatkan kualitas penyediaan air minum oleh Tirta Pakuan, tidak mudah membangun kolaborasi dengan semua. Tapi catat ini 5.000 layanan yang fokus untuk warga di Bogor Selatan khususnya di Mulyaharja dan sekitarnya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bima Arya menitipkan lima pesan untuk Jajaran Direksi Perumda Tirta Pakuan di akhir masa jabatan sebagai wali kota Bogor.

Advertisement

Pertama, Jajaran Direksi harus menghitung dan mengakselerasikan dengan tren penduduk, titik mana saja yang berkembang dan titik mana saja yang memerlukan layanan air bersih.

Kedua, infrastruktur mana saja yang harus digenjot, dan ketiga meningkatkan terus kolaborasi dengan semua dengan pihak internasional, pusat dan provinsi.

“Poin keempat adalah kinerja perusahaan saya minta agar dijaga performa yang baik ini, sosialisasikan kepada warga bahwa Tirta Pakuan saat ini yang telah melakukan apa saja,” papar dia.

Kemudian, kelima adalah regenerasi dari Tirta Pakuan yang harus dijaga, dan diurus oleh orang yang betul-betul mengerti terkait dengan layanan air.

Advertisement

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menuturkan, peresmian SPAM ini melengkapi pelayan air di 7 zona yang dimiliki oleh Perumda Tirta Pakuan.

“Kami punya 7 zona pelayanan dan ada 7 WTP. Dan untuk (SPAM) Cipinang Gading ini paling bungsu,” ujar Rino.

Sumber air baku SPAM Cipinang Gading ini berasal dari anak sungai Cisadane, yakni sungai Cipinang Gading dengan intek yang dipersiapkan untuk 100 liter per detik, namun baru dibangun kapasitas 50 liter per detik.

“Insyaallah nanti kedepannya kami akan bangun instalasi berikutnya 50 liter per detik, menunggu 50 liter per detik ini terkonsumsi oleh masyarakat Kota Bogor. Tapi saya optimis ini bakal cepat terserap karena wilayah ini butuh terhadap air bersih,” papar dia.

Advertisement

Lebih lanjut, SPAM Cipinang Gading ini memakai tiga pompa untuk mengalirkan air. Menurutnya, ada keuntungan dan kerugian dengan memakai tiga pompa.

“Untungnya jika tekanan akan stabil, jadi kalo misalnya setting 10 bar itu akan terus 10 bar. Tapi kalo aliran listrik mati, maka air pun akan mati, ini yang menjadi permasalahan,” katanya.

“Tapi insyaallah kami sudah punya pengalaman beberapa pompa memang kondisinya suka on dan off, tetapi rata-rata kami bekerjasama dengan PLN supaya bagaimana meminimalisir matinya listrik itu. Jadi kami berlangganan premium dengan PLN untuk memastikan listrik tidak mati, tetapi kadang kala naik turunnya voltase itu mengakibatkan pompa itu mati,” imbuhnya.

SPAM Cipinang Gading diproyeksikan untuk melayani 5.000 pelanggan di wilayah Mulyaharja, Bogor Nirwana Residence (BNR), Cibeureum dan Cikaret. Sebelumnya, wilayah-wilayah ini airnya hanya dipasok dari Reservoir Kota Batu. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.