Connect with us

Featured

KPU Kota Bogor : Syarat Dukungan Untuk Paslon Perseorangan Minimal 60.014

Published

on

KOTA BOGOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menggelar sosialisasi pencalonan perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sosialisasi pencalonan perseorangan ini merupakan tahapan penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024.

Ketua KPU Kota Bogor, Muhammad Habibi Zaenal Arifin mengatakan, bahwa saat ini memasuki tahapan pemenuhan syarat dukungan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Bogor melalui jalur perseorangan.

“Bagi pasangan calon perseorangan yang akan maju dalam kontestasi Pilkada bisa menyerahkan syarat dukungan pada 8 sampai 12 Mei 2024 di sekretariat KPU Kota Bogor,” kata Habibi pada Selasa (7/5/2024).

Advertisement

Adapun syarat minimal dukungan berjumlah 60.014 orang dengan minimal sebaran dukungan di empat kecamatan di Kota Bogor.

“Berdasarkan PKPU 2/2024, syarat minimal dukungan calon perseorangan itu 7,5 persen dari DPT (daftar pemilih tetap) terakhir Pemilu Kota Bogor adalah 800.181, jadi minimal 60.014 dukungan KTP warga Kota Bogor,” katanya.

Ia menjelaskan sebaran dukungan tersebut wajib di 50 persen lebih kecamatan atau minimal tersebar di empat kecamatan di Kota Bogor.

Setelah tahapan itu, kata Habibi, pihaknya bersama dengan KPU Provinsi Jawa Barat melakukan verifikasi administrasi dokumen syarat dukungan dari pada 13 sampai 29 Mei 2024.

Advertisement

“Pada tahapan itu, dilakukan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi di tiga hari terakhir,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut Habibi dilanjutkan verifikasi faktual dengan metode sensus langsung ke masyarakat untuk memastikan kebenaran dukungan dari bakal pasangan calon perseorangan tersebut.

“Namun untuk pendaftarannya nanti berbarengan dengan calon partai politik pada 27 Agustus 2024,” tandasnya. (dit)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.