Connect with us

Berita Terbaru

Dinkes Kota Bogor Siaga Bencana..

Published

on

Kota Bogor – Untuk membantu penanganan bencana alam banjir dan tanah longsor, tim kesehatan memegang peranan penting dalam menyelamatkan warga yang menjadi korban bencana.
Dilibatkan dalam latihan gabungan sebagai tim pembantu penanggulangan bencana alam, Suroto dari Dinas Kesehatan Kota Bogor pada bidang yankes mengatakan, tim yang di persiapkan mulai dari dokter, perawat, sopir ambulance. Sedangkan untuk alat-alat yang dipersiapkan seperti PhD, infus set, peralatan luka, peralatan untuk patah tulang, P3K, dan obat-obatan.
“Teknisnya bila terjadi bencana kami biasanya tunggu instruksi dari BPBD dan TNI baru menurunkan tim dari puskesmas karena Dinkes timnya gabungan. Dari puskesmas kemudian dikoordinasikan dulu bagaimana baiknya, baru kami turun ke lapangan,” terangnya, usai latihan di lapangan Sempur Kaler, Kelurahan Sempur, Kota Bogor, Kamis (17/10/19).
Ia menjelaskan, untuk tim di wilayah, satu korwil itu membawahi beberapa puskesmas. Biasanya satu korwil itu perwakilan dari puskesmas. Satu dokter dan dua perawat. Kalau untuk mobil ambulance dari dinkes siap terus di puskesmas tiap wilayah juga ada. Karena puskesmas yang mempunyai rawat inap pasti ada ambulance-nya.
“Kalau ada korban ibu hamil maka kami libatkan bidan, perawat, dokter, kesling untuk kebersihan air minum, P2P. Biasanya hari ketiga bencana itu, korban bencana biasanya diserang penyakit. Jadi kita harus melihat ada yang terserang penyakit atau tidak,” jelasnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.