Connect with us

Featured

Tahun Baru Jalur di Jalan TB. M. Falak Sudah Bisa di Lalui Kendaraan

Published

on

KOTA BOGOR – Setelah ditutup selama dua bulan, Jalan Tb. M. Falak kembali dibuka dan bisa dilalui kendaraan pada Sabtu (31/12/2022).

Jalan yang menghubungkan simpang Semeru dan simpang Loji yang ditutup lantaran mengalami longsor pada 11 Oktober 2022 lalu.

Bima Arya Sugiarto mengatakan pengerjaan Jalan Tb, M Falak ini selesai lebih cepat dari perkiraan dan sudah bisa dilalui masyarakat pada tahun baru ini.

“Sekitar dua bulan pekerjaan dan ini lebih cepat daripada yang diperkirakan. Mulai sekarang jalan ini bisa digunakan oleh warga sambil dilakukan pengawasan, sebab nanti akan ada lanjutan di titik sebelah kanan jembatan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsoran kembali,” ucap Bima Arya.

Advertisement

Bima menuturkan, kejadian longsor yang terjadi di Jalan Tb M Falak ini menjadi pembelajaran semua pihak. Jika ada kejadian serupa harus benar benar diantisipasi.

“Apa yang sudah terjadi harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak bahwa apabila ada hal-hal yang harus dikerjakan, sebaiknya betul-betul harus di antisipasi, tidak menunggu sehingga bisa menimbulkan dampak yang lebih besar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi menjelaskan pengerjaan perbaikan sudah dilaksanakan sejak pertengahan November 2022, termasuk penutupan jalan hampir dua bulan dan sekarang sudah bisa dilalui kembali oleh masyarakat.

Dengan demikian, Chusnul mengaku pengerjaan perbaikan Jalan Tb. M. Falaq belum selesai menyeluruh karena dari awal rencananya perbaikan jalan yang anggaranya berasal dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp4,6 miliar ini dibagi menjadi dua tahap.

Advertisement

“Tahap berikutnya kita akan menangani titik rawan longsor di sisi jembatan dari arah Jalan Gunung Batu atau sisi kanan jembatan. Artinya setelah normal kembali jalan di akses warga, di awal tahun kita akan perbaiki di sisi sebelah kanannya,” ujar Chusnul.

Untuk tahap kedua, kata Chusnul, ketika dilakukan pengerjaan kembali tidak ada penutupan jalan secara total melainkan hanya satu jalur yang memang sedang diperbaiki.

“Penutupan jalan tidak full, hanya satu sisi yang memang akan diperbaiki, jadi jalan nanti ditutup satu jalur. Kemungkinan awal tahun Januari 2023, sekitar minggu kedua akan di mulai kembali pengerjaan tahap kedua ini,” pungkasnya. (dit)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.