Connect with us

Bisnis

Sekda Kota Bogor : Proyek RSUD Blok I dan IV Siap Diresmikan 19 Januari

Published

on

KOTA BOGOR – Pembangunan blok I dan IV Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor dipastikan rampung.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Syarifah Sofiah Dwikorawati usai meninjau progres pembangunan Blok I dan Blok IV RDUD Kota Bogor pada Selasa (3/1/2023).

Gedung blok I yang dibangun tahun 2022 dengan pembiayaan sebesar Rp50 miliar dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat diperuntukkan untuk IGD, rawat jalan, dan MCU.

Sementara gedung blok IV yang diperuntukkan untuk radiologi dibiayai sebesar Rp41,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pada APBN 2022.

Advertisement

“Alhamdulillah memasuki 2023 bangunan RS secara bertahap diselesaikan. Jadi tahun kemarin kita membangun 2 blok dari 2 sumber pembiayaan, APBN dengan DAK dan Banprov,” ucap Syarifah usai meninjau blok I dan IV, Selasa (3/1/2023).

Ia menilai penyelesaian pembangunan sesuai target atau tepat waktu karena pengawasan yang ketat dari RSUD. Dikatakan Sekda kedua blok ini hadir melengkapi pelayanan yang ada, seperti IGD, rawat jalan, MCU, dan radiologi.

“Mudah-mudahan di bangunan yang sudah diselesaikan ini, rata-rata untuk pelayanan lebih kepada IGD, poli, radiologi, operasi dan sebagainya. Sementara untuk ruang inap, perawatan itu masih menggunakan bangunan lama,” katanya.

Ia menjelaskan, dari rencana kerja, blok I dan IV yang memiliki 2 lantai ini akan dilanjutkan pembangunannya menjadi 4 lantai. Dirinya juga mengingatkan untuk melengkapi tempat tidur dan lain lainnya, agar bisa segera melayani kesehatan masyarakat.

Advertisement

“Kedepan jika ada dana lagi kita lanjutkan lantai berikutnya, karena konstruksinya sudah dibuat untuk 4 lantai. Sekarang tinggal dilengkapi dengan tempat tidur dan sebagainya. Mudah-mudahan di Januari ini bisa operasional untuk melayani masyarakat,” harapnya.

Pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan di RSUD Kota Bogor dalam perencanaan kedepan akan membangun ruangan perawatan dan poliklinik, termasuk gedung parkir, di mana sekarang masih bekerja sama dengan RSMM.

Ia berharap RSUD Kota Bogor sebagai rumah sakit rujukan regional dapat terwujud. “Jadi secara bertahap kita punya rumah sakit yang representatif di tengah kota. Apalagi rencana ke depan menjadi rumah sakit pendidikan ini bisa terwujud, untuk melayani masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya. Karena ini sudah diajukan menjadi rumah sakit rujukan regional,” tandasnya.

Sementara, Direktur RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir menuturkan peresmian gedung Blok I dan Blok IV RSUD Kota Bogor akan dilakukan pada 19 Januari 2022 mendatang oleh Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Barat.

Advertisement

“Tanggal 29 kemarin kami sudah siap. Tapi ternyata pak Gubernur ingin meresmikan, jadi dia minta waktu di bulan Januari. Alhamdulillah pak Menkes bisa. Kita dapat tanggal tanggal 19 sesuai permintaaan beliau. Jadi kita menyesuaikan saja,” tutur Ilham Chaidir.

Setelah diresmikan, kata Ilham RSUD Kota Bogor akan mulai beroperasi pada bulan Februari 2023.

“Mudah mudahan per 1 Februari atau akhir Januari bisq beroperasi dan dinikmati oleh masyarakat Kota Bogor,” pungkasnya. (gus)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.