Connect with us

Featured

Kunjungi Kota Bogor, Ridwan Kamil Resmikan 2 Tempat Ini Bersama Bima Arya

Published

on

KOTA BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan takjub dengan kondisi Situ Gede sekarang usai disentuh revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemprov Jabar mengucurkan anggaran sekitar Rp7 miliar dalam dua tahap untuk penataan dan revitalisasi Situ Gede menjadi destinasi wisata, konservasi, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Setelah dua tahun pembangunan, awal tahun 2023 ini tiba waktunya untuk diresmikan oleh Ridwan Kamil. Sebelumnya, Kang Emil sapaan akrabnya mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan gedung Blok I dan IV RSUD Kota Bogor.

“Saya di kota tercinta Kota Bogor ini ada dua urusan, meresmikan IGD (blok I) senilai Rp50 miliar dari dana provinsi, dan kali ini meresmikan revitalisasi Situ Gede nilainya Rp7 miliar. Tempat ini istimewa,” kata Kang Emil sapaan akrabnya, Kamis (19/1/2023).

Advertisement

Emil berharap agar Situ Gede bisa menjadi daya tarik untuk destinasi wisata Kota Bogor. Ia pun meyakini tempat ini bakal ramai dikunjungi lantaran mereka yang tandang ke kota berjuluk Kota Hujan ini.

“Tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke Kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Nah, ditambah dengan fasilitas yang sudah lebih baik, ada jogging track, tempat istirahat, saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini,” ungkapnya.

Kepada Wali Kota Bogor Bima Arya, Emil menitip pesan untuk aktivasi Situ Gede dengan berbagai kegiatan. “Ramaikan kegiatan seperti Agustusan, Cap Go Meh yang berhubungan dengan air, perahu naga dan lainnya, saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” pesannya.

Disamping itu, ia juga berpesan untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan kawasan Situ Gede.

Advertisement

“Titip juga kebersihan dan ketertiban, dan kepada warga sampaikan tahun terakhir saya sebagai gubernur Jabar kurang lebihnya mohon maaf, tapi di mana ada kesempatan saya terus membangun Kota Bogor sesuai aspirasi masyarakat dan pak wali,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dicky Ahmad Sidik, menuturkan dengan penataan yang dilakukan, Pemprov Jabar meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung.

Sebab, kata Dicky, lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan seperti IPB University dan aksesnya juga mudah dijangkau.

Ia menjelaskan, Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya yang berada di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Di antaranya Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

Advertisement

“Adapun ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 di tempat ini meliputi, Pekerjaan Persiapan, Area Parkir, Pedestrian, Plaza, Jogging Track, Gerbang, Landscape, Selter, Toilet, Mushola, Selfie Spot, Bidang Sumber Daya Air (Perbaikan Tanggul Situ dan Pengerukan/Normalisasi Situ Gede),” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.