Connect with us

Featured

Launching Call Center Dering Pajak, Bapenda Kota Bogor Kasih Diskon 15% Untuk PBB P2

Published

on

KOTA BOGOR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor secara resmi membuka Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan Perkotaan (PBB P2) tahun 2023 dengan memberikan diskon 15 persen.

Secara bersamaan Bapenda Kota Bogor juga melaunching Call Center 1500031 Dering Pajak Daerah Kota Bogor di Alun-alun Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa (14/2/2023).

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menuturkan, langkah yang dilakukan Bapenda Kota Bogor merupakan strategi beberapa tahun terakhir saat masa pandemi Covid-19, dimana Kota Bogor berusaha menggenjot pajak dan terbukti efektif. Hari ini dilakukan hal sama, ada diskon tetapi diskon ini tidak berlaku bagi yang belum tercatat di e-SPPT.

“Jadi ini juga membuat masyarakat masuk ke daftar e-SPPT. Semua harus memastikan, semua masuk e-SPPT karena dalam sistem sudah berjalan. Kami optimis kebijakan stimulus dan adanya Hotline warga bisa bertanya tinggal saya titip sosialisasinya maksimal,” ucap Bima Arya.

Advertisement

Menurut Bima banyak warga Kota Bogor yang menanyakan soal diskon dan syarat e-SPPT kepada dirinya melalui media sosial (medsos).

“Karena pertanyaan itu banyak masuk japri ke saya memalui direct massage (DM) Instagram dan japri WhatsApp soal diskon berapa, mulai tanggal berapa, sampai kapan dan syaratnya apa saja. Untuk camat dan lurah agar bisa mendistribusikan informasi ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Bogor Deni Hendana mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan dan membayarkan pajak kepada negara.

“Tahun 2023, Wali Kota Bogor tetap memberikan kebijakan stimulus pengurangan PBB, untuk seluruh warga yang memiliki aset di Kota Bogor. Stimulus yang diberikan kepada wajib pajak berupa pengurangan pokok pajak PBB P2 2023. Dimana masyarakat dapat memanfaatkan pengurangan nilai pajak, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sesuai periodenya,” ujar Deni.

Advertisement

Pengurangan nilai pajak tersebut, lanjut Deni pertama, pengurangan pajak sebesar 15 persen yang berlaku dari periode 13 Februari sampai 12 Maret 2023. Pengurangan pajak sebesar 10 persen dengan periode 13 Maret sampai 12 April 2023 dan pengurangan pajak sebesar 5 persen yang dijadwalkan pada periode 13 April sampai 12 Mei 2023.

Selain itu, Deni menjelaskan bahwa selain pengurangan pokok penetapan pajak PBB 2023, pihaknya juga menghapuskan denda atas tunggakan.

“Jadi pokok PBB P2 2022 kebawah kami bebaskan tunggakanya. Kemudian, untuk pokok penetapan pajak PBB P2 tahun 2018 ke bawah, Pemkot Bogor juga menghapuskan denda dan mengurangi pokoknya sebesar 20 persen. Kegiatan ini juga sebagai upaya kami merealisasikan tunggakan-tunggakan PBB tahun-tahun yang sudah lama,” jelasnya.

Deni menyebut total warga yang masih menunggak pembayaran PBB masih mencapai Rp400 miliar. Untuk itu, Bapenda Kota Bogor menargetkan pembayaran PBB diatas Rp 1 miliar. Sedangkan pada tahun ini dirinya menargetkan pendapatan yang bersumber dari PBB P2 sebesar Rp170 miliar.

Advertisement

“Target 2023 PBB Rp170 miliar, realisasi pembayaran pada Januari kemarin sekitar Rp2,4 miliar. Alhamdulillah tahun ini melebihi target, sampai siang tadi sudah masuk Rp2,7 miliar baik bayar online maupun datang ke alun-alun Kota Bogor,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya program Pekan Panutan PBB P2 tahun 2023 melalui diskon bisa tembus lebih dari Rp70 miliar seperti tahun lalu. Bapenda Kota Bogor juga melaunching Call Center 1500031 Dering Pajak Daerah Kota Bogor, jadi masyarakat bisa bertanya langsung dan meminta informasi lengkap.

“Apa saja terkait pajak daerah dapat menghubungi nomor tersebut (call center 1500031),” pungkasnya. (dit)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.