Connect with us

Bisnis

Bernilai Fantastis, Ini 10 Proyek Strategis Pemkot Bogor 2023

Published

on

KOTA BOGOR – Sebanyak 10 program strategis pembangunan akan dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2023 ini.

Kegiatan pembangunan tersebar di beberapa dinas dengan menggunakan anggaran cukup besar.

Dinas yang akan melaksanakan 10 program strategis pembangunan itu adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Pendidikan (Disdik), dan RSUD Kota Bogor.

“Tahun ini ada 10 pekerjaan strategis. Diantaranya di DPUPR, Disparbud, Disdik, dan RSUD,” kata Kasubag Pengelolaan Bidang Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Bogor, Undang Sulaiman dikutip Jumat, (3/3/2023).

Advertisement

Undang mengatakan, untuk DPUPR tercatat ada tujuh paket pembangunan. Diantaranya adalah pembangunan jembatan Otista senilai Rp52 miliar dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Pembangunan jembatan Otista saat ini sudah masuk tahap lelang fisik. MK (manajemen konstruksi) sudah beres dan sudah melakukan review DED sama HPS dan sudah diajukan tendernya. Tayang kalau tidak minggu ini atau minggu depan,” jelasnya.

Lalu, kata Undang DPUPR selanjutnya akan melakukan pembangunan lanjutan Jalan Regional Ring Road (R3) senilai Rp9,6 miliar. Kemudian pembangunan lanjutan Masjid Agung senilai Rp36,4 miliar.

“Pada lanjutan Masjid Agung, saat ini sedang proses (konsultan) pengawas dan evaluasi, mungkin sekitar 1,5 lagi dapat penyedia pengawasnya,” terangnya.

Advertisement

Selain jalan R3, tahun ini juga dilaksanakan pembangunan lanjutan trotoar R3 senilai Rp6 miliar. Kemudian, pembangunan lanjutan trotoar Alun Alun Kota Bogor senilai Rp6 miliar.

“Lalu trotoar Dewi Sartika dan trotoar Ahmad Yani masing-masing nilainya 10 miliar,” ucapnya.

Sementara, untuk di Disparbud, kata Undang, revitalisasi Museum Pajajaran dengan nilai Rp16 miliar. Ia memperkirakan tender proyek ini bisa diproses April nanti.

“Ini (Museum Pajajaran) enam bulan pekerjaan, kemungkinan minggu depan juga akan masuk untuk pengawas dulu, sebulan kemudian fisiknya,” ujarnya.

Advertisement

Kemudian, pada Disdik ada pembangunan lanjutan unit sekolah baru atau satu atap senilai Rp7,1 miliar. BPBJ dalam hal ini juga belum menerima pengajuan untuk dilelangkan dari Disdik.

Sementara RSUD Kota Bogor akan melanjutkan pembangunan blok I dengan pembiayaan senilai Rp39,8 miliar dari dana alokasi khusus (DAK).

“RSUD, pengembangan rumah sakit blok I. Saat ini sudah proses ada pemenang konsultan MK,” katanya.

Dariari 10 program strategis pembangunan tersebut, lanjut Undang secara keseluruhan sampai saat ini belum tahap pelelangan fisik.

Advertisement

“Saat ini ada yang sudah beres konsultan pengawasnya, terus ada juga yang belum, kalau fisik belum semua, baru (jembatan) Otista yang baru mengajukan ke kami untuk tender,” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.