Connect with us

Featured

Respons Aduan, JQR Salurkan Bantuan Laptop untuk Mawar

Published

on

BOGOR – Siswi SMAN 1 Pamijahan, Kabupaten Bogor Mawar Isnaeni Aisyah (17) mendapat bantuan berupa biaya dan laptop untuk menunjang kegiatan sekolah dari Jabar Quick Response.

Bantuan untuk Mawar tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di SMAN 1 Cigombong, Kabupaten Bogor pada Jumat (31/3/2023).

Mawar mengaku tidak percaya mendapat bantuan dan langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Saya terharu mendapat bantuan dari pak Gubernur, gak nyangka mimpi apa semalam,” ucap Mawar.

Advertisement

Mawar menceritakan dirinya mendapatkan bantuan tersebut karena didaftarkan oleh wali kelas di sekolahnya. Karena para guru di sekolah mengetahui kehidupan Mawar yang kurang mampu.

Meski kehidupan Mawar tidak seberuntung siswa lain, tapi semangat Mawar untuk belajar patut diberikan apresiasi. Setiap hari Mawar harus menempuh jarak cukup jauh dengan waktu 1,5 jam dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke sekolah.

“Awalnya guru saya tahu gimana kehidupan saya, saya selama tiga tahun jalan kaki ke sekolah. Saya masuk SMAN 1 Pamijahan disaranin sama aa (kakak) dengan biaya di tanggung oleh dirinya, satu bulan saya sekolah di SMA aa saya meninggal, diusia 21 tahun. Dari situ saya di daftarkan ke Jabar Quick Response oleh guru,” jelasnya.

Dikatakan Mawar, bantuan laptop dan alat sekolah itu akan dimanfaatkan dirinya untuk kegiatan belajar. “Nanti nya laptop akan digunakan untuk belajar, dan saya ingin belajar ngedit karena saya ingin jadi desainer,” ujarnya.

Advertisement

Ia pun mendokan Ridwan Kamil agar sukses dalam memimpin Jawa Barat. “Mudahan jabar bisa sukses dan maju lagi dipimpin oleh pak gubernur,” harapnya.

Sementara, Divisi HRD Jabar Quick Response Jimmy menuturkan, bahwa Mawar di daftarkan ke Jabar Quick Response oleh pihak sekolah dengan proses pengaduan lewat platform webbseite.

“Kebetulan yang dilaporkan itu terkait dengan kebutuhan Mawar sendiri, karena Mawar seorang anak yang kurang mampu akses ke sekolah cukup jauh dengan waktu 1,5 jam, kondisi ibunya juga sedang sakit,” kata Jimmy.

Ia menjelaskan, begitu aduan masuk ke webbsite Jabar Quick Response akan dilakukan verifikasi. Di dalam proses itu akan dipastikan kondisi yang didaftarkan seperti apa, kebutuhannya bagaimana, sehingga pihaknya akan mengetahui bantuan apa yang dibutuhkan oleh orang tersebut.

Advertisement

“Setelah proses itu keluar, kita memilah tingkat urgensinya seperti apa, karena aduan itu cukup banyak, tapi kita utamakan aduan tingkat kedaruratannya cukup tinggi,” katanya.

Namun, lanjut Jimmy jika tingkat kedaruratannya tidak terlalu tinggi, maka proses tersebut akan didisposisikan atau mendorong pemerintah daerah untuk melakukan percepatan terkait dengan permasalahan tersebut.

“Karena kalau kita respon maka akan terkait dengan masalah jarak dan waktu makanya dibutuhkan keterlibatan di semua pihak terkait dengan permasalahan sosial di masyarakat Jabar ini,” terangnya.

Diketahui, Jabar Quick Response ini adalah sebuah unit percepatan kemanusiaan yang didirikan pada September 2018 yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Advertisement

Ada beberapa kanal aduan yang disediakan untuk merespon permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat khususnya di 27 kota/kabupaten di Jawa Barat

Beberapa kanal itu ada kanal kesehatan, kanal rumah ibadah, kanal pendidikan, kanal disabilitas, kanal rumah darurat roboh dan sekolah darurat roboh. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.