Connect with us

Editorial

Upaya Strategis Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Dalam Menghadapi Musim Kekeringan

Published

on

BOGOR – Intensitas Hujan yang menurun saat ini menyebabkan penurunan debit sumber air baku dan kekeringan di wilayah Kabupten Bogor makin meluas. Berdasarkan sumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebutkan 63 persen wilayah zona musim di Indonesia telah terdampak fenomena El Nino.
Puncak fenomena itu diperkirakan terjadi pada Agustus dan September.

Direktur Umum Tirta Kahuripan Abdul Somad menegaskan, kondisi El Nino tersebut sangat mempengaruhi kondisi pelayanan air bersih di Kabupaten Bogor.

Menyikapi hal ini, Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor terus memaksimalkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Bogor.

“Melalui perpipaan kami, Tirta Kahuripan memiliki 14 Unit Instalasi Pengolahan Air lengkap yang sumber air bakunya dari Sungai dan 11 unit pengolahan yang sumber air bakunya dari mata air, terus berupaya memaksimalkan pelayanan pasokan air ke pelanggan,”Ungkap Direktur Umum Tirta Kahuripan Abdul Somad.

Advertisement

Menurutnya, saat ini sebagaian sumber air baku tersebut baik dari sungai maupun mata air mengalami kekeringan sehingga jumlah air yang diproduksi mengalami penurunan dan berdampak berkurangnya distribusi air bersih kepada pelanggan.

Namun demikian, Abdul Somad menegaskan bagi pelanggan yang mengalami gangguan pengaliran air bersih, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyediakan bantuan air bersih melalui mobil tangki secara gratis.

“Saat ini bantuan air bersih sedang dilaksanakan di Desa Cemplang Kecamatan Cibungbulang dan di Kecamatan Jonggol,” ungkapnya.

Selain bantuan air bersih melalui mobil tangki, untuk menjaga pelayanan perusahaan air minum milik Pemerintah Kabupaten Bogor di beberapa lokasi dilakukan pembendungan air sungai.

Advertisement

“Tujuan dibuatnya bendungan ini untuk menjaga kualitas pompa dan level debit air demi menjaga pelayanan air bersih secara kontinyu kepada pelanggan,” ujar mantan Jurnalis yg kini menjadi Direktur Umum Perumda Tirta Kahuripan.

Selain kepada pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor memberikan bantuan air bersih melalui mobil tangki kepada masyarakat Kabupaten Bogor yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Perumda Tirta Kahuripan juga menghimbau kepada masyarakat khususnya Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan agar bijak menggunakan air bersih dan menampung air disaat air masih mengalir. (advetorial)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.