Connect with us

Featured

Gelar Upacara HUT RI, Aktivis Lingkungan Bersama Warga Bersih – Bersih Ciliwung

Published

on

KOTA BOGOR – Sejumlah elemen masyarakat melaksakan kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-78 di tengah Sungai Ciliwung, Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Kamis, (17/8/2023).

Selain menggelar upacara bendera, sejumlah aktivis lingkungan bersama tokoh masyarakat dan warga sekitar turut membersihkan aliran Sungai Ciliwung yang dipenuhi sampah.

Panitia Penyelenggara Suparno Jumar mengatakan, kegiatan upacara bendera di tengah sungai ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sungai. Sebab, sungai sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan spirit kemerdekaan harus disampaikan dari banyak titik. Masih sangat sedikit saudara kita yang memeringati kemerdekaan dari sungai. Karena mungkin hari ini sungai sudah mulai ditinggalkan,” kata Suparno di lokasi kegiatan

Advertisement

Menurut Suparno, sebagian orang lebih banyak yang menyukai tempat yang mudah dijangkau serta tempat yang sangat nyaman.

Untuk itu, dirinya ingin membuktikan bahwa spirit sungai harus senantiasa terus mengalir di dalam kehidupan. Sebab, saat ini masih banyak yang belum peduli sehingga menyebabkan banyak tumpukan sampah khususnya di Sungai Ciliwung Bogor.

“Mungkin hari ini kita berada di tengah tengah persoalan global. Bagaimana krisis iklim hari ini kita sama sama rasakan. Hampir tiga pekan ini bumi seolah mendidih (suhu panas),” katanya.

“Karena panasnya banyak aspek. Pohon ditebang, pembangunan tak terkontrol, polusi kendaraan motor dan mobil. Lalu, sampah limbah masuk kesungai. Sehingga kita seperti masuk ke era baru. Era penjajahan lingkungan,” tambahnya.

Advertisement

Ia menegaskan pada moment HUT ke-78 RI ini banyak aspek yang masih belum merdeka. Termasuk merdeka dari lingkungan yang sangat kotor, serta banyak polusi udara.

“Kita masih belum merdeka. Banyak aspek yang masih harus dibenahi. Salah satunya soal lingkungan,” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.