Connect with us

Editorial

KPU Kota Bogor Nyatakan 762 Orang Bacaleg Masuk DCS dan 71 Orang Bacaleg Tak Memenuhi Syarat

Published

on

KOTA BOGOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor telah resmi menetapkan 762 nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 17 partai politk (parpol) yang masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Kota Bogor untuk Pemilu 2024.

Namun, sebanyak 71 Bacaleg DPRD Kota Bogor gagal maju sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 usai dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Kami telah melakukan rapat pleno terbuka terkait penetapan Daftar Calon Sementara untuk anggota DPRD Kota Bogor pada Pemilu tahun 2024. Terkait dengan tahapan, sebelumnya KPU Kota Bogor telah menerima pendaftaran Bacaleg dari 17 partai politik peserta pemilu sebanyak 833 orang,” ucap Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin Selasa, (22/8/2023).

Kemudian, lanjut Samsudin, pihaknya melakukan verifikasi administratif (vermin) dan memberikan kesempatan bagi masing-masing partai politik untuk melakukan proses perbaikan, penggantian Bacaleg dan lain sebagainya.

Advertisement

Selanjutnya masuk ke tahap pencermatan penyusunan DCS, masing-masing partai politik peserta Pemilu 2024 juga masih melakukan proses perbaikan dan pergantian.

“Hingga akhirnya ditemukan ada 71 Bacaleg yang BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan sudah kami tetapkan statusnya menjadi TMS. Dari total 833 Bacaleg yang mendaftar ada 762 Bacaleg yang ditetapkan menjadi DCS, berarti ada 71 Bacaleg yang kami coret,” paparnya.

Ia menjelaskan, jumlah tersebut berkurang dikarenakan hingga akhir masa pencermatan ada caleg-caleg yang tidak dapat memenuhi berkas yang dipersyaratkan, sehingga otomatis statusnya berubah dari BMS menjadi TMS.

Ia juga menerangkan, mulai tanggal 19 hingga 23 Agustus 2023, KPU Kota Bogor akan melakukan pengumuman DCS di sejumlah media cetak nasional dan lokal, serta di media online hingga memasuki proses tanggapan dan masukkan dari masyarakat.

Advertisement

“Kami berharap masyarakat dapat berperan serta aktif untuk memastikan calon-calon Anggota DPRD Kota Bogor yang nanti akan melakukan kontestasi itu adalah memang orang-orang yang betul-betul berkualitas, kemudian mempunyai rekam jejak yang baik,” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.