Connect with us

Berita Arsip

Inisiatif DPRD, Kota Bogor Miliki Perda CSR

Published

on

Bogor – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor menggelar rapat paripurna, Rabu (12/10/2016). Dalam rapat tersebut disepakati Perda Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan. Perda ini merupakan inisiatif dewan untuk mengatur mekanisme CSR dari perusahaan swasta di Kota Bogor. Nantinya CSR yang ada harus sinergis dengan perencanaan dan pembangunan yang sudah berjalan di Kota Bogor.
Selanjutnya setiap perusahaan yang berada di wilayah Kota Bogor harus menyerahkan perencanaan pengadaan dan pemanfaatan CSR kepada BAPPEDA Kota Bogor. “Hal ini agar dana dan pemanfaatan CSR  bisa menjadi bagian yang terintigrasi pada perencanaan anggaran serta  pembangunan di Kota Bogor,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya dalam rapat paripurna.
Bima menjelaskan, pada tahun 2014 dana CSR yang terkumpul sebesar Rp 3,4 miliar dari 4 perusahaan, yakni BJB, PGN, Bank Syariah Mandiri dan PT.Bogor Anggada Cendekia. CSR dari Bank Syariah Mandiri diwujudkan dalam bentuk perencanaan pembangunan di Halal Food Centre. Sementara  CSR dari PT. Bogor Anggada Cendekia dalam bentuk show room Dekranasda di Botani Square. “Tahun 2015 dana yang terkumpul sebesar Rp 3,4 miliar dari 17 perusahaan ditambah bantuan natura dari 6 perusahaan,” papar Bima.
Lebih lanjut, perda CSR ini tidak mengatur program kemitraan yang ada di lingkungan BUMD dan BUMN. Secara spesifik, program kemitraan di BUMN dan BUMD menjadi kewenangan dan  dikelola sepenuhnya oleh pemerintah pusat. ”Berdasarkan hasil fasilitasi rancangan perda tersebut oleh gubernur Jawa Barat diperlukan adanya penyempurnaan, khususnya ketentuan-ketentuan yang terkait dengan pengaturan program kemitraan dan bina lingkungan BUMN dan BUMD yang selanjutnya ditiadakan,” lanjut Bima. (boy/00)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.