Connect with us

Berita Arsip

12 TKA Tak Berizin Di Test Urine

Published

on

KOTA BOGOR – Sebanyak 12 orang pekerja tambang Warga Negara Asing (WNA) dari Tiongkok yang dibekuk petugas Imigrasi Bogor dari kawasan Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, hari ini di test urine di kantor Imigrasi kelas 1 Bogor. Test urine dilakukan untuk mengetahui apakah para WNA tersebut menggunakan narkoba atau lainnya selama bekerja di Cigudeg, Rabu (11/01/17).
Penangkapan terhadap 12 WNA ini dilakukan karena para pekerja tak dapat menun­jukkan dokumen resmi berupa paspor dan izin kerja. Penangkapan itu dilakukan di lokasi tambang milik PT BCMG, Desa Cintamanik, Kampung Cihi­deung, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.­
Kepala Imigrasi Kelas I Bogor Herman Lukman menjelaskan, beberapa WNA yang dapat menunjukkan identitas res­minya langsung dipulangkan. Namun, paspor milik WNA tersebut terpaksa diamankan untuk didalami lebih lanjut. “Pihak Imigrasi akan melaku­kan tindakan deportasi bagi yang memiliki paspor. Namun untuk yang tidak memiliki paspor akan dilakukan pemer­iksaan dan membuktikan ke­salahannya. Minimal tipiring akan dijatuhkan jika tidak ada kelengkapan,” ujarnya.
Saat penangkapan, Her­man mengaku WNA yang ditangkap itu ada di luar lo­kasi tambang. Sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dan WNA yang berusaha kabur. Diperkirakan beberapa WNA yang bekerja sebagai penambang masih ada dalam tambang PT BCMG. “Saat ditangkap, sebagian lagi isti­rahat. Yang berada di luar galian langsung ditangkap. Masih ada WNA yang ada di tambang, tindakan yang akan dilakukan pihak Imigrasi selanjutnya akan menunggu WNA yang bekerja sebelum mereka turun ke tambang,” terangnya.
Beberapa kemungkinan kej­elasan WNA pun dipaparkan. Herman mengatakan, paspor yang mereka miliki dimung­kinkan ada pada pihak sponsor PT BCMG. “Seharusnya para pekerja tambang yang terdiri dari WNA ini dibekali minimal fotokopi paspor,” tandasnya.(cr1)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.