Connect with us

Budaya

Kekayaan Seni Haleran Kota Bogor

Published

on

Kota Bogor – Seni Helaran berbeda dengan kesenian panggung. Meski sama-sama seni pertunjukan, tetapi keduanya ditampilkan dengan cara berbeda. Seni helaran adalah produk kesenian yang hanya bisa ditampilkan khusus dalam sebuah pawai. Bukan untuk ditampilkan di atas panggung. Oleh karena itu tari jaipong misalnya, tidak termasuk sebagai jenis seni helaran. Itu sebabnya pula, jaipong kurang pas jika ditampilkan pada saat helaran.
“Seni helaran itu merupakan pertunjukan seni yang pesertanya tidak berdiam di tempat atau di panggung melainkan berjalan,” jelas  Sanusi, Kepala Seksi Pengembangan Seni dan Film Kelembagaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor. Jenis kesenian ini memang khusus diciptakan untuk pertunjukan di ruang terbuka dan para pemainnya terus berjalan.
Contoh yang mudah dilihat untuk memahami bentuk seni heralan, antara lain Sisingaan dari Kabupaten Subang atau Kuda Renggong. Para pemain dalam kesenian ini melakukan gerakan-gerakannya sambil berjalan, berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Menurut Sanusi, Kota Bogor juga memiliki berbagai jenis seni helaran. Diantaranya seni Langgir Badong, Wayang Hihid, Garuda Ngapak dan Rengkak Ayakan. Kesemua itu rencananya akan ditampilkan dalam Helaran nanti. Selain itu juga akan ditampilkan peragaan kostum Uncal dan bunga Raflesia.
Beberapa sanggar seni yang ada di Kota Bogor terus berupaya berinovasi dan mengembangkan seni helaran. Sebagian diantaranya telah meraih penghargaan di berbagai ajang pagelaran seni di berbagai daerah. Diharapkan semangat berinovasi dan berkreasi terus hidup di tengah para pengabdi seni, sehingga kelak Kota Bogor akan memiliki lebih banyak seni helaran. (ADVETORIAL)
 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.