Connect with us

Featured

KPU Kota Bogor Tetapkan Dapil Legislatif untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Bogor

Published

on

KOTA BOGOR – Daerah Pemilihan (dapil) untuk Kota Bogor pada Pemilu tahun 2024 akan sama dengan Dapil pada Pemilu tahun 2019 yang lalu yaitu lima dapil.

Hal itu menyusul terbitnya Peraturan KPU (PKPU) nomor 6 tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan alokasi kursi anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/kota pada Pemilu tahun 2024.

Ketua KPU Kota Bogor Samsudin mengatakan, dalam PKPU 6 tahun 2023 tersebut memutuskan bahwa untuk daerah pemilihan Anggota DPR RI, Kota Bogor bergabung dengan Kabupaten Cianjur.

“Nama Dapilnya Jabar III dengan jumlah alokasi 9 kursi,” ucap Samsudin, jumat (10/2/2023).

Advertisement

Kemudian untuk DPRD Provinsi, lanjut Samsudin Kota Bogor tidak bergabung dengan kabupaten atau kota manapun. “Nama Dapilnya Jabar 7 dengan jumlah alokasi 3 kursi,” katanya.

Untuk penamaan dan urutan dapil DPRD kabupaten/kota, ia menjelaskan sesuai dengan arah jarum jam dimana ibu kota kecamatan menjadi dapil nomor urut pertama.

“Dapil Kota Bogor 1 terdiri dari kecamatan Bogor tengah dan Bogor timur dengan alokasi 10 kursi,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Samsudin dapil Kota Bogor 2 yaitu kecamatan Bogor selatan dengan alokasi 10 kursi. Dapil Kota Bogor 3 yaitu Kecamatan Bogor Barat dengan alokasi 11 kursi.

Advertisement

Sementara, dapil kota Bogor 4 yaitu kecamatan Tanah Sareal dengan alokasi 10 kursi. Dan yang terakhir, Dapil Kota Bogor 5 yaitu kecamatan Bogor Utara dengan alokasi 9 kursi.

“Total jumlah kursi dari seluruh dapil adalah 50 kursi,” ungkapnya.

Dengan telah ditetapkannya PKPU 6 tahun 2023, tambah Samsudin maka peran selanjutnya ada di partai politik, dimana mereka bisa mulai melakukan rekrutmen caleg yang akan ditugaskan di setiap daerah pemilihan.

“Kita berharap partai politik dapat menjaring dan menugaskan orang-orang yang baik dan berkualitas di tiap dapil sehingga nantinya akan terpilih anggota DPR dan DPRD yang pantas mewakili aspirasi masyarakat di dapilnya,” pungkasnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.