Connect with us

Featured

Daftar Pertama ke KPU, PKS Kota Bogor Daftarkan 34% Bacaleg Wanita

Published

on

KOTA BOGOR – Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Bogor mendaftarkan 50 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Bogor ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor di Jalan Senam, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal pada Senin (8/5/2023).

PKS menjadi Partai Politik (Parpol) pertama yang mendaftarkan Bacaleg ke KPU Kota Bogor.

Dari 50 Bacaleg DPRD Kota Bogor yang di daftarkan 34 persen diantaranya Bacaleg perempuan dan 66 persen Bacaleg laki-laki serta 30 persennya lulusan S2 dan S3.

Rombongan DPD PKS Kota Bogor dipimpin oleh Ketua DPRD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto dan diikuti oleh para pengurus serta Bacaleg DPD PKS Kota Bogor. Uniknya para pimpinan dan kader PKS DPD PKS Kota Bogor, mengenakan totopong dengan seragam DPD PKS Kota Bogor.

Advertisement

Ketua DPRD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto mengatakan, rombongannya diterima sangat hangat, akrab, sangat bersahabat dan prosesnya berjalan lancar. Pendaftaran tepat dilakukan pada 8 Mei 2023 pukul 08.48 WIB.

Ia berharap, pendaftaran bacaleg ini menjadi bagian dari ikhtiar PKS Kota Bogor menjadi salah satu peserta Pemilu 2024 yang mematuhi serta memenuhi segala peraturan Undang-Undang yang berlaku.

“Alhamdulillah PKS Kota Bogor menjadi partai politik pertama di Kota Bogor yang mendaftar ke KPU Kota Bogor. Bukan karena kami percaya kepada angka, tetapi kami mengingatkan bahwa PKS adalah nomor urut 8, jadi ingat nomor 8,” ucap Atang kepada wartawan saat ditemui di kantor KPU Kota Bogor pada Senin (8/5/2023).

Atang menuturkan, apabila dalam proses administrasi ada beberapa yang perlu dilengkapi, pihaknya meminta arahan serta bimbingan dan perbaikan dari KPU Kota Bogor.

Advertisement

“Berdasarkan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) yang kami masukan semuanya sudah cetang warna hijau insyaallah lengkap, mudah-mudahan kalaupun ada kekurangan, kekurangan minor yang bisa kami lengkapi,” katanya.

Atang menjelaskan, pihaknya sengaja untuk menscreening para bacaleg DPRD Kota Bogor dari PKS berdasarkan rekam jejak, kapasitas, kapabilitas dan integritasnya.

Menurutnya, para bacaleg yang diajukan ini sudah melalui proses seleksi yang ketat di internal PKS. Sehingga menjadi bacaleg yang terpilih sebagai DPRD Kota Bogor dan bisa memberikan khidmat terbaik bagi Kota Bogor.

“Dari 50 Bacaleg, ada sekitar 30 persennya lulusan S2 dan S3. Ini adalah komitmen kami untuk menghadirkan pemimpin yang berkualitas, bisa menggagas ide-ide cerdas karena pemilu bukanlah kontestasi untuk saling menjatuhkan, tetapi pemilu kontestasi untuk mengeluarkan gagasan-gagasan yang tegas untuk menghasilkan rakyat yang cerdas. Sehingga rakyat cerdas yang kami harapkan, akan mampu menghadirkan Kota Bogor yang adil dan sejahtera,” jelasnya.

Advertisement

Atang berharap, PKS bisa bersama seluruh peserta pemilu lain menghadirkan pemilu yang aman, damai, tertib, lancar, langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil. Sehingga dengan proses pemilu yang berkualitas akan menghadirkan wakil rakyat yang berkualitas.

Ia mengungkapkan, bahwa PKS kota Bogor menargetkan kembali menang dalam Pemilu 2024. Terlebih, belum ada satu parpol di Kota Bogor yang bisa mempertahankan kemenangan pemilu di pemilu berikutnya.

“Dengan segala kerendahan hati, kerja keras serta pelayanan yang kami lakukan, semoga masyarakat Kota Bogor kembali memilih PKS untuk memenangkan pemilu dan Allah SWT ridhoi sebagai pemenang. Kepada rekan-rekan bacaleg PKS Kota Bogor laksanakan tugas sesuai konstitusi, patuhi Undang-Undang dan regulasi yang berlaku, laksanakan perintah pimpinan partai sebagaimana AD ART partai, visi PKS adalah menjadi partai pelopor untuk tercapainya cita-cita luhur bangsa yang menghadirkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” terangnya.

Sementara, Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Bogor, Dede Juhendi menuturkan, PKS Kota Bogor telah melaksanakan tahapan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kota Bogor dan pihak KPU secara resmi menerima pengajuan itu.

Advertisement

Langkah selanjutnya pihaknya tengah melakukan sinkronisasi data pengajuan yang dilakukan oleh PKS Kota Bogor. Apakah sama antara data fisik yang disampaikan ke kami dengan data isian Silon yang ada di Silon KPU.

“Data isian itu yang pertama adalah pengajuan dari partai politik terkait dengan model B pengajuan bakal calon yang isinya adalah pertama bahwa daftar calon itu disusun dengan berdasarkan urutan. Yang kedua keterwakilan perempuan 30 persen itu harus. Jadi kalau misalkan di Kota Bogor ini ada 10 kursi ada 9 kursi maka 30 persen itu berarti 2,7 berarti 3 orang itu harus ada keterwakilan perempuannya,” tuturnya.

Dede menjelaskan, indikator yang disampaikan hari ini adalah lengkap dan tidak lengkap, sampai tanggal 14 itu partai politik memberikan dokumen kepada KPU Kota Bogor itu lengkap atau tidak.

“Kalau tidak lengkap nanti kita kembalikan dulu, tidak diterima pendaftarannya dan untuk diperbaiki sampai tanggal 14 Mei 2023,” pungkasnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.