Connect with us

Featured

Mulai Hari Ini IPB Membuka Pendaftaran Prodi Kedokteran, Ini Jadwal dan Syaratnya

Published

on

BOGOR – IPB University mulai membuka pendaftaran Program Studi (Prodi) Dokter, Fakultas Kedokteran (FK) untuk jenjang sarjana (S1).

Pendaftaran tersebut akan dibuka pada tanggal 5 hingga 11 Agustus 2023 melalui laman https://pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.

Kemudian, ujian akan dilaksanakan secara daring pada 12 Agustus 2023. Sementara pengumuman seleksi akan diumumkan pada tanggal 15 Agustus mendatang.

Calon mahasiswa FK IPB University yang diterima selanjutnya dapat melakukan registrasi ulang pada 14-18 Agustus 2023. Pada periode yang sama, FK IPB University juga memberikan masa sanggah apabila ada peserta yang merasa tidak puas terhadap pengumuman hasil seleksi.

Advertisement

Calon mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di FK IPB University wajib untuk melakukan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) dan biaya pengembangan institusi dan fasilitas (BPIF).

Pembayaran UKT dan BPIF dibuka selama empat hari, yakni tanggal 14-18 Agustus 2023. Sementara, awal perkuliahan dimulai pada 21 Agustus 2023. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi https://admisi.ipb.ac.id.

Menurut Rektor IPB University, Prof Arif Satria ada lima alasan pendirian FK IPB University diantaranya pemenuhan kebutuhan akan tenaga dokter di Indonesia, terutama di Jawa Barat, IPB University memiliki kontribusi penting dalam penanganan krisis pandemi COVID-19.

“Selanjutnya, peran IPB University dalam inovasi biomedis, peran IPB University dalam pengembangan ‘one health’ (kesehatan semesta) dan pengembangan Agromaritim 4.0,” ucap Arif Satria kepada wartawan pada Sabtu (5/8/2023.

Advertisement

Sementara, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana menjelaskan, kurikulum FK IPB University dibuat sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2021.

Kurikulum tersebut, lanjut Deni didesain untuk menghasilkan dokter yang profesional, kompeten, beretika serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat primer, dengan kompetensi keunggulan kedokteran agromaritim dan pendekatan one health.

“Struktur kurikulum juga disusun mengikuti komponen Kurikulum 2020 Integrasi Multistrata IPB University (K2020 Multistrata) dengan pemantapan life base learning yang akan menghasilkan lulusan yang unggul, lincah dan adaptif terhadap perubahan,” kata Deni.

Ia mengatakan, untuk proses pembelajaran di FK IPB University menerapkan model SPICES, Student Centered, Problem Based Learning, Integrated Teaching, Community-based, Electives and Systematic.

Advertisement

“Profil lulusan FK IPB University diharapkan menjadi klinisi yang andal, pendidik yang berdedikasi, peneliti yang unggul, agen perubahan dan pembangunan sosial dan innopreneurship yang adaptif di era industri,” harapnya.

Adapun persyaratan Pendaftaran Prodi Dokter, FK IPB University diantaranya, warga negara Indonesia (WNI), lulusan SMA/MA Jurusan IPA tiga tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023), sehat dan tidak buta warna parsial atau total dan bebas narkoba. (Boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.