Connect with us

Budaya

Dedie A Rachim : Museum Pajajaran Batutulis Desember Siap Diresmikan

Published

on

BOGOR – Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim meninjau progres pembangunan Museum Pajajaran di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan pada Jumat (24/11/2023).

Saat ini progres pembangunan museum Pajajaran sudah mencapai 75 persen dan ditargetkan selesai dan dapat diresmikan pada Desember 2023.

“Hari ini saya meninjau langsung progres pembangunan Bumi Ageung Batutulis atau Museum Pajajaran yang secara fisik kontruksinya sudah 75 persen. Harapannya untuk sarana konstruksi utama akhir bulan Desember bisa diresmikan,” ucap Dedie Rachim.

Kemudian, kata Dedie Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan kembali menganggarkan untuk keperluan atau perlengkapan museum Pajajaran tersebut

Advertisement

Untuk itu, lanjut Dedie pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor terkait apa saja yang akan disimpan di dalam museum.

“Kalau interior dan isi museum harus ada kajian. Hal itu dilaksanakan bersama, tidak hanya Disparbud tapi dengan lintas sektoral instansi, provinsi dan pusat,” jelasnya.

Selain itu, Pemkot juga akan menyiapkan story line di dalam museum untuk memberikan wawasan kepada para pengunjung. Story line tersebut berisikan cerita-cerita mengenai peradaban kerajaan Pajajaran.

“Kami siapkan panel lintasan sejarah sejak zaman prasejarah, kerajaan, kolonial Portugis, Belanda, Jepang, sampai kemerdekaan,” ujarnya.

Advertisement

Ia berharap museum Bumi Ageung Batutulis ini dapat dijaga bersama-sama oleh seluruh masyarakat Kota Bogor.

“Walaupun yakin tidak bisa mengakomodir semua kepentingan, tapi kami berharap ini jadi milik bersama yang perlu dijaga dan dikembangkan bersama budayawan, dinas dan masyarakat,” pungkasnya. (dit)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.