Connect with us

Featured

Melalui Program Inpres PUPR Pelanggan Air Bersih Perumda Tirta Pakuan Bertambah Ribuan

Published

on

KOTA BOGOR – Pendaftaran Pemasangan Baru gratis di Perumda Tirta Pakuan telah ditutup pada 20 Februari 2024 lalu.

Menurut data dari Perumda Tirta Pakuan, yang mendaftar pemasangan baru tersebut hingga Januari mencapai 11.500 pendaftar.

Sedangkan, target pemasangan baru tersebut di Kota Bogor adalah 20.000 pelanggan baru.

Direktur Umum (Dirum) Peumda Tirta Pakuan Rivelino Rizky sudah ada perpanjangan tiga kali pemasangan barungratis tersebut, yakni Desember 2023 serta Januari 2024 dan terakhir yang batas waktunya sampai 20 Februari 2024 ini.

Advertisement

Ia menambahkan kuota dari kementerian sendiri untuk program inpres ini adalah 10 juta pemasangan baru.

“Bagi warga yang ini mendapatkan pemasangan baru secara gratis. Bisa mencari informasi tata caranya dengan mendatangi kantor Perumda Tirta Pakuan, menghubungi call center atau melihat di media sosial resmi kita. Sudah kita umumkan cara disertai link pendaftarannya,” kata Rivelino Rizky

Untuk pendaftaran yang ditutup Januari lalu, kata Rivelino, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengerahkan Mahasiswa, Babinsa, Babinkamtibmas, relawan dan seluruh Staff Tirta Pakuan untuk melakukan verifikasi para pendaftar program inpres tersebut.

Dengan adanya program ini, membuat capaian target pelanggan Tirta Pakuan Kota Bogor selama dua tahun bisa tercapai dalam kurun waktu satu bulan saja. Sebab ada biaya gratis dari pemerintah pusat.

Advertisement

Rivelino mengatakan, dari program Inpres Kementerian PUPR, pihaknya mengusulkan 20.000 sambungan rumah gratis.

“Karena itu berdasarkan kriteria dan persyaratan yang ditentukan, kami sudah mengumpulkan data By Name By Address (BNBA) sebanyak 20.400 calon pelanggan,” ujarnya.

“Data tersebut sudah kami submit ke kementrian PUPR melalui Bappeda karena menggunakan aplikasi untuk pengiriman datanya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, jika program inpres tersebut sudah masuk tahap verifikasi. Maka, tinggal pihak Kementerian PUPR menggandeng konsultan, untuk datang door to door ke rumah masyarakat untuk melakukan verifikasi.

Advertisement

“Verifikasinya ada berupa surat yang berisi bersedia menjadi pelanggan Perumda Tirta Pakuan dan para konsultan juga melakukan verifikasi titik koordinat di rumah masing-masing dengan foto rumah dan sumber air lainnya,” jelasnya.

Kunjungan juga dimulai oleh struktural Tirta Pakuan yang melakukan kunjungan ke wilayah.

“Tim konsultan atau tim verifikasi, dibantu oleh bhabinkamtibmas, babinsa, mahasiswa dan jajaran staff departemen lainnya di Tirta Pakuan. Kemudian dari beberapa lembaga yang terbiasa ke wilayah Selian aparatur wilayah,” terangnya.

“Insya Allah tidak ada yang gugur, karena persyaratan mudah dan benar orang tersebut tinggal dialamat yang didaftarkan,” pungkasnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.