Connect with us

Berita Arsip

Atasi Kemacetan Di Kota Bogor, Berikut Penuturan Kang Muhamad

Published

on

Muhamad Nurman, S.Sos

Ketua LSM PPLHI, Pemerhati dan Lingkungan Hidup Indonesia

Kota Bogor – Program rekayasa lalulintas (rerouting) angkot di Kota Bogor, dimana angkot yang melintasi pusat kota dikurangi dengan mengganti angkutan umum berupa bus, bukanlah sebuah solusi mengatasi kemacetan di Kota Bogor.

Angkot yang berhenti lama menunggu penumpang, sebagai salah satu penyebab kemacetan. Lamanya angkot ngetem nunggu penumpang disebabkan karena berkurangnya pengguna angkot. Sekarang pengguna angkot sebagian besar beralih ke kendaraan roda dua,apalagi dengan adanya kemudahan memiliki kendaraan roda dua. Selain itu sekarang masyarakat pengguna angkot lebih memilih sarana transportasi umum berbasis on-line, seperti: Grab atau Gojek, lebih cepat dan murah.

Advertisement

Rekayasa trayek angkot ke pelosok-pelosok akan menimbulkan dampak sosial, seperti jalur yang mungkin selama ini menjadi sumber pencaharian tukang ojek, akan hilang sumber penghasilan, dimana masyarakat Kota Bogor masih banyak sebagai tukang ojek.

Harusnya yang tepat itu adalah pengurangan angkot, dan tidak perlu ada model transportasi publik dengan menggunakan bus, mengingat kota Bogor itu tidak luas. Sebagai contoh, Bus Trans Pakuan yang sudah lama beroperasi saja ternyata tidak berhasil, sepi penumpang.

IMG_20170224_183834

Mengingat Kota Bogor tidak seluas Jakarta, jadi sarana transportasi yang cocok untuk Kota Bogor, cukup roda dua. Program transportasi publik dengan bus, tidak efektif dan hanya akan membebani APBD Kota Bogor. Sebaiknya anggaran APBD tersebut dialokasikan untuk konpensasi kepada pemilik angkot, yang mengalami pengurangan angkot.

Demi mengatasi permasalahan kemacetan dan kota Bogor kota sejuta angkot, harus dicarikan solusi yang tepat, tanpa mengorbankan masyarakat Kota Bogor yang masih banyak mengalami kesulitan ekonomi, seperti tukang ojek dan sopir angkot. (admin)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.