Connect with us

Berita Arsip

Kirab Api Pon XIX Akan Keliling Di 27 Kota/Kabupaten Di Jawa Barat

Published

on

Indramayu – Semarak menyambut gelaran pesta olahraga Nasional di Bumi Wiralodra, Senin 5 September 2016 begitu meriah. Kirab obor Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX yang dimulai dari tugu api alam yang berada tepat di depan Balai Desa Majakerta Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu yang juga akan menjadi tuan rumah dalam cabang olahraga layar, renang laut, dan selam laut.
Hadir dalam Upacara Kirab Api Pon XIX ini, Puan Maharani Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Gubernur beserta Jajaran Muspida Jawa Barat, perwakilan Muspida Kota/Kab. se-Jabar, sementara untuk Kota Bogor diwakili oleh Kepala Kantor Olah Raga Drs. H.Jana Sugiana, M.Pd., yang juga menjadi tugas pertamanya setelah dilantik menjadi Kanpora beberapa waktu lalu.
Api PON ke-XIX dari Majakerta ini akan mengawali perjalanan menuju Pendopo Kabupaten Indramayu sebelum diarak keliling di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Api yang diambil dari tugu api alam yang didesain ulang menyerupai perahu sebagai ikon daerah pesisir, akan menjalani kirab bersama 360 pelari inti yang merupakan prajurit Kodam III/Siliwangi yang selanjutnya Api utama pada obor akan dibawa oleh para pelari utama dan legenda olahraga dari berbagai kabupaten/kota yang dilintasi kirab.
Dalam situs resmi PON XIX dan Papernas Jabar 2016, jalur yang akan dilalui kirab api PON ini akan dimulai dari Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon pada Senin, 5 September 2015. Esoknya akan dilanjutkan ke Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar, sebelum esoknya akan dibawa kembali ke Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.
Setelah itu, obor api PON akan dibawa ke Sumedang, diteruskan ke Subang dan Purwakarta. Daerah tujuan selanjutnya adalah Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi. Di Balaikota Bekasi api pun akan disemayamkan selama dua hari, karena bertepatan dengan libur Idul Adha.
Setelah lebaran Idul Adha, perjalanan api PON dilanjut kembali menuju Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor. Menginap semalam di kota hujan, kemudian dilanjut ke Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Perjalanan dilanjutkan besoknya, menuju Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung.
Setelah menginap di Pendopo Kabupaten Bandung selama semalam, obor api PON akan dikirab kembali ke Kota Bandung, dan berakhir di Gedung Sate. Api PON disemayamkan di Gedung Sate, sebelum akhirnya digunakan pada upacara pembukaan yang akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.
Sementara menurut Kanpora Kota Bogor Drs. H.Jana Sugiana, M.Pd., mengatakan, kirab api PON akan dilepas oleh Bupati/Walikota masing-masing didaerah dan untuk Kota Bogor, Obor Api PON XIX akan tiba pada tanggal 13-14 September . “untuk Kota Bogor, Insya Allah Bapak Walikota Bima Arya yang akan menerima dan membawa Api PON XIX ini,” ujarnya. (boy/001)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.