Connect with us

Berita Terbaru

PERS RELEASE PERTEMUAN ASIA PACIFIK CITIES ALLIANCE FOR TOBACCO CONTROL

Published

on

PERS RELEASE
PERTEMUAN ASIA PACIFIK CITIES ALLIANCE
FOR TOBACCO CONTROL
(Singapura, 4- 5 September 2017 )
 
Asia Pacific Cities Alliance for Tobaacco Control (AP-CAT) adalah jejaring/ perkumpulan dari Walikota dan Bupati se Asia Pasifik yang memilik komitmen dalam pengendalian tembakau. AP-CAT dibentuk pada bulan November 2016, dengan ketua Bima Arya (Walikota Bogor) dan Fraancis Anthoni S. Garcia (walikota Filipina). Pada saat didirikan AP-CAT diikuti oleh 12 kota dari 8 negara dengan didukung Kementrian Kesehatan RI, Kamboja, Myanmar, Laos, Blomberg dan Union, dengan Sekretariat di Singapura. Saat ini sebanyak 21 kota/kabupaten se Asia Pasific sudah bergabung dalam AP-CAT.
Tujuan dibentuknya AP-CAT memiliki agenda utama yaitu membangun komitmen politik bahwa pemimpin memiliki peran penting dalam perkembangan pembangunan kesehatan baik ditingkat nasional dan daerah.
Upaya-Upaya yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Membuat dan mengimplementasikan kebijakan dalam pengendilan tembakau;
  2. Membuat kebijakan lokal dimasing-masing kota/kabupaten dalam mencegah penyakit tidak menular;
  3. Mencegah intervensi industri rokok dalam mempengaruhi kebijakan politik dengan penguatan regulasi, melibatkan masyarakat, stake holder terkait dan media.

Beberapa hal penting yang dibahas pada pertemuan AP-CAT di Singapura antara lain sejauh mana upaya pengendalian tembakau dan pencegahan penyakit tidak menular yang sudah dilakukan di berbagai kota di dunia. Pada pertemuan ini Walikota Bogor juga menyampaikan presentasi mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan dalam implementasi Perda Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok, implementasi Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan Reklame serta penertiban display penjualan rokok  di Kota Bogor. Selain itu disampaikan pula komitmen Pemerintah Kota Bogor dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan membangun berbagai faslitas dan ruang terbuka hijau  dan kampanye “AYO BERGERAK” untuk seluruh masyarakat kota Bogor.
Hal penting yang disimpulkan pada pertemuan hari pertama antara lain adalah pentingnya data yang akurat dan update untuk membantu menentukan kebijakan: penguatan implementasi yang didukung pendanaan; perlunya kemitraan dari semua pemangku kebijakan terkait, akademisi, NGO, tokoh masyarakat ; pemanfaatan media  sosial dalam kampanye pengendalian tembakau; dan meningkatan kampanye untuk melindungi generasi muda dari bahaya rokok melalui kegiatan-kegiatan kurikuler maupun non kurikuler di sekolah.
 
Terima Kasih.
 
 
Sumber langsung dari : Asia Pacific Cities Alliance for Tobaacco Control (AP-CAT)
Singapura,4 September 2017
 
Kawasan Tanpa Rokok, Upaya Penegakan Etika dan Perlindungan Bagi Perokok Pasif

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.