Connect with us

Berita Populer

Peduli Lingkungan STS 'Bebersih Situ Gede' Bersama Warga

Published

on

Kota Bogor – Sugeng Teguh Santoso Calon Wakil Walikota Bogor nomor urut 4, didampingi puluhan relawan berkaos ungu dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Bogor Barat PDI Perjuangan pagi tadi menggelar kegiatan “bebersih situ” di Danau Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis (3/5/2018).
Dimulai pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan 5 sampan terbuat dari bambu, Sugeng Teguh Santoso dan Ketua PAC Bogor Barat, Umar Sanusi serta sejumlah relawan terlihat menyisir sampah disepanjang danau yang menjadi kawasan wisata tersebut.
Beberapa relawan diantaranya terlihat ada yang ikut menyelam hanya untuk memungut sampah didalam danau kecil yang memiliki luas 6 hektar dan kedalaman air hingga 6 meter. Sejumlah sampah yang didominasi dari bahan plastik tersebut dikumpulkan oleh para relawan untuk selanjutnya dibuang ke tempat sampah.
“Tema kampanye kami selaras dengan KPU yakni memajukan daerah, mensejahterakan masyarakat dan menyelesaikan masalah daerah. Kegiatan “bebersih setu” ini, selain untuk menjaga lokasi wisata bersih, juga mengedukasi warga agar tidak membuang sampah sembarangan,” kata pria yang berpasangan dengan Dadang Iskandar Danubrata saat diwawancarai di Setu Gede.
Sugeng menambahkan, Danau Situ Gede merupakan tempat wisata yang paling dekat dengan pusat Kota Bogor. “Sepatutnya kebersihan lingkungan danau dijaga. Tak hanya itu, idealnya Situ Gede harus dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi daya tarik wisata dan tentunya bisa mendatangkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Bogor,” imbuh Sugeng usai memungut sampah menggunakan rakit dilingkungan danau.
Dikatakan Cawawalkot Bogor, menjaga warisan budaya tradisional bukan hanya mencakup pengembangannya tapi juga pemanfaatan sehingga tercipta nilai tambah.  “Pengembangan dan pemanfaatan budaya tradisional dalam bidang pariwisata perlu berkembang pesat. Sektor pariwisata di Kota Bogor harus bisa mengundang ketertarikan wisatawan terhadap wisata berbasis budaya tradisional. Dan, harus bisa memiliki daya saing yang selama ini di dominasi Bali dan Jogyakarta. Jadi, juga perlu ditunjang fasilitas pendukung,” ujarnya.
Sugeng juga mengkritisi, idealnya di lokasi wisata juga perlu dilengkapi ragam kuliner hingga cinderamata berbasis tradisi. Dengan demikian, warga setempat juga bisa ikut berdaya. “Selain itu, sejatinya pemerintah daerah idealnya juga bisa menata jasa wisata, dilengkapi penginapan hingga tempat makan dengan konsep budaya tradisional. Jadi, diperlukan terobosan, salah satunya seperti membangun pariwisata desa atau kampung. Untuk membangun wisata berbasis desa, pendekatan pembangunan pariwisata harus ditumpukan pada tujuan ingin menyejahterakan warga. Oleh karena itu, maka pelaku atau subyek utama dari kegiatan dan program harus warga desa itu sendiri,” ujar cakada usungan PDI Perjuangan dan PKB Kota Bogor tersebut panjang lebar.
Sebagai informasi, Danau Situ Gede dahulunya, sebelum di jadikan tempat wisata berfungsi sebagai area penyimpanan air yang digunakan untuk mengairi sawah. Keunikan dari danau ini adalah terdapat pulau kecil seluas 1 hektar di tengahnya. (boy)
 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.