Connect with us

Berita Populer

Presiden Jokowi, Tol Ngawi – Sragen Resmi Beroperasi

Published

on

SRAGEN – Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi, segmen Sragen-Ngawi, di Rest Area KM 538, Ngrampal, Sragen, Rabu (28/11/2018).
“Dengan mengucap Bismillahir Rohmanir Rohim, saya resmikan jalan tol Ngawi-Sragen,” ucap Presiden Jokowi sambil menekan tombol sirine tanda meresmikan ruas tol tersebut.
Dalam peresmiannya, Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.
Presiden Jokowi menegaskan peresmian jalan tol Solo-Ngawi sepanjang hampir 51 kilometer ini sebagai salah satu tanda jalan tol Trans Jawa akan tersambung pada akhir tahun ini.
Secara keseluruhan, panjang jalan tol Solo-Ngawi mencapai 90,43 KM.
“Saya sangat berbahagia sekali. Ini artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insya Allah sudah tersambung semuanya. Masih ada beberapa yang kurang, seperti Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono yang ditargetkan selesai akhir Desember 2018,” ujarnya senang.
Dengan rampungnya jalan tol tersebut, Jokowi mengarahkan agar para kepala daerah dapat mengintegrasikan dengan kawasan-kawasan industri, baik yang baru maupun yang lama, termasuk dengan kawasan-kawasan wisata.
“Jangan sampai jalan tol ini berdiri sendiri. Semuanya harus diintegrasikan, sehingga manfaatnya betul-betul maksimal. Mobilitas orang, mobilitas barang, semuanya bisa melalui jalan tol ini, bisa berjalan dengan cepat,” katanya.
Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi, David Wijayatno menjelaskan, dibukanya jalan tol Sragen-Ngawi merupakan tahap ke-3 dari pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi secara keseluruhan. Pembukaan jalur tersebut akan memangkas waktu tempuh sekitar 50 persen. Jika sebelum ada tol, dari Solo ke Madiun ditempuh sekitar 2,5 sampai 3 jam, sekarang bisa kurang dari 1,5 jam.
Dengan dioperasikannya jalan tol Solo-Mantingan-Ngawi secara penuh, diharapkan bisa meningkatkan konektivitas beberapa daerah terutama Kabupaten Boyolali, Kota Solo, Karanganyar, Sragen di Jawa Tengah dan Kabupaten Ngawi di Jawa Timur.
“Untuk mempermudah pengguna jalan mengakses kita telah mengoperasikan 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Colomadu, GT Ngemplak, GT Karanganyar, GT Sragen, dan GT Ngawi. Nanti akan segera dibuka 3 Gerbang Tol tambahan pada awal tahun 2019 untuk lebih mempermudah masyarakat mengakses jalan tol ini. Yaitu GT Bandara Adi Soemarmo, GT Gondangrejo (akses arah Purwodadi), serta GT Sragen Timur. Itu nanti ada di kecamatan Sambungmacan Sragen sebagai akses arah Mantingan,” paparnya.
Sebelum pengoperasian Sragen-Ngawi, pada tahap pertama telah dioperasikan segmen Simpang Susun Ngawi-Klitik (Ngawi) sepanjang 4 km sejak 30 Maret 2018 berbarengan dengan dioperasikannya Jalan Tol Ngawi Wilangan. Sedangkan pengoperasian tahap ke-2 adalah segmen Kartasura-Sragen yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 15 Juli 2018.
Pengoperasian segmen Sragen-Ngawi dilakukan setelah melalui berbagai tahapan Uji Layak Fungsi dan Operasi. Jalan sepanjang 50,9 kilometer ini telah dinyatakan layak dan siap dioperasikan sebagai Jalan Tol melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor: 896/KPTS/M/2018 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segmen Sragen-Ngawi, pada tanggal 12 November 2018.
“Setelah diresmikan tidak perlu menunggu lama, masyarakat bisa menikmati jalan tol segmen Sragen-Ngawi dengan tarif Rp 0 alias gratis,” imbuh David.
Menurut David, pemberlakuan tarif Rp 0 tersebut akan dimulai pada hari ini pukul 21.00. Pemberlakuan akan dilaksanakan selama 1 minggu sebagai bentuk sosialisasi tarif dan golongan kendaraan sebagaimana diamanatkan dalam Diktum Kelima Kepmen PUPR Nomor: 897/KPTS/M/2018.
Selanjutnya, tarif melintas jalan tol segmen ini dibandrol sebesar Rp 55 ribu untuk kendaraan golongan I.(boy)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.