Connect with us

Berita Terbaru

Puluhan Warga Keracunan, Dinkes Langsung Kirim Tim Tangani Warga

Published

on

Kota Bogor – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr.Rubaeah. membenarkan adanya puluhan warga Kampung Dekeng RT 01 RW 09 Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan yang mengeluhkan gejala keracunan makanan berupa rasa pusing, mual-mual dan diare setelah sebelumnya menyantap nasi box pada acara tasyakuran tujuh bulanan yang digelar oleh salah satu warga setempat di kediamannya pada Rabu, 23/01/2019.
Menanggapi laporan dari pihak wilayah, Dinas Kesehatan Kota Bogor dibawah kendali Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dan Surveilans (P2P) segera melakukan investigasi ke lokasi Kamis, (24/01/2019).
Dari hasil investigasi awal diperoleh informasi terkait kronologi kejadian yang bermula pada pagi hari Rabu, 23 Januari pukul 09.00 warga menyantap nasi box usai menghadiri acara tasyakuran, kemudian pada pukul 14.00 warga mulai merasakan gejala pusing, mual-mual disertai diare. Sejumlah warga yang mengeluhkan gejala sama mulai mendatangi Puskesmas Cipaku, selanjutnya 38 dirujuk ke RS. UMMI untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dengan pembiyaan 35 orang menggunakan pembiyaan BPJS Kesehatan dan 3 orang pembiayaan umum.
Hingga kabar ini dikeluarkan, teridentifikasi jumlah warga yang diduga keracunan sebanyak 44 orang dan sudah mendapatkan penanganan, termasuk yang dirujuk ke RS UMMI sudah kembali ke rumah masing-masing. Adapun kondisi terkini dari para warga yang terdampak sudah berangsur membaik. Untuk pemeriksaan lebih lanjut Dinas Kesehatan Kota Bogor juga telah mengambil sample makanan sebagai bahan pemeriksaan laboratorium yang hasilnya akan keluar dalam beberapa hari ke depan.
Selanjutnya tindak lanjut dari Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk mencegah kejadian seperti ini terulang kembali, akan dibuat Surat Edaran melalui Kelurahan masing-masing yang ditujukan kepada warga masyarakat yang akan punya hajat/acara khusus dengan memasak sendiri atau pesan ke catering harus lapor ke Puskesmas di wilayahnya masing-masing, sehingga terpantau dan terkendali terkait pengelolaan makanannya.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Farida ,MKM
(No. HP. 0856 9447 3251)
Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja
Dinas Kesehatan Kota Bogor
*************

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.