Connect with us

Berita Populer

Partisipasi Meningkat, Ketua KPU Kota Bogor Apresiasi Peran Media

Published

on

Kota Bogor – Ketua KPU Kota Bogor Samsudin memberikan apresiasi kepada awak media dalam mensukseskan terciptanya pemilu damai di Kota Bogor, hal dikatakannya dalam kegiatan media ghatering sekaligus berbuka puasa bersama dikantor Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, Minggu (26/05).
“Alhamdulilah tingkat partisipasi warga Kota Bogor dalam Pemilu 17 April kemarin tingkat partisipasinya sebesar 84%, melebihi tingkat partisipasi nasional yang hanya 81%,” ujar Samsudin, Minggu (26/05).
Dalam sambutannya, Ketua KPU Samsudin mengatakan warga yang datang ke TPS untuk mencoblos lebih banyak dan kondisi saat pencoblosan tepatnya pada tanggal 17 April dinilai kondusif.
“Saya keliling ke tps-tps Kota Bogor dan alhamdulillah stasiun sepi, jalanan sepi, pasar kosong. Artinya warga Bogor banyak yang mencoblos, berbeda saat tanggal 18 di mana masyarakat mulai meramaikan titik-titik keramaian,” ungkap Samsudin.
Ketua KPU Samsudin menilai, dua kesuksesan tersebut tidak lepas dari peran serta dan strategis media.
Ditambahkannya ketika ada insiden surat suara rusak, beberapa media bertanya tentang apa peran media, maka komisi Pemilihan Umum meminta agar media membantu untuk menjaga kondusifitas dan konfirmasi ketika ada temuan di lapangan.
“alhamdulillahnya banyak wartawan yang klarifikasi dahulu ketika mendapatkan temuan di lapangan,” ujarnya.
Mengenai pengumuman hasil pemilu khususnya Pemilihan Legislatif, Ketua KPU Samsudin menjelaskan bahwa apabila tidak ada gugatan, KPU Kabupaten dan Kota harus mengumumkan peroleh anggota dewan terpilih pada tanggal 4 Juli. Sedangkan, bila ada gugatan, paling lambat dapat diumumkan pada tanggal 12 Agustus.
“Kemarin kami mendapat informasi ada satu partai yang melakukan gugatan di MK. Dan mungkin pada tanggal 12 Agustus itu akan kami umumkan hasilnya. Sementara ini, ada beberapa informasi dari media dan itu tidak salah. Karena itu berdasarkan rapat pleno,” tambah Samsudin.
Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti mengucapkan terima kasih kepada KPU Kota Bogor yang sudah hadir ke Sekretariat PWI Kota Bogor. Ketua PWI Arihta menjelaskan bahwa pada kesempatan tersebut dihadiri oleh anggota PWI ada juga non PWI.
“Masyarakat Kota Bogor kategori pemilih yang cerdas, faktor kota yang tidak terlalu besar sangat berpengaruhi sehingga untuk sosialisasi lebih mudah, ” kata Ketua KPU Kota Bogor Aritha U Surbakti. (boy)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.