Connect with us

Featured

Mengenal Instalasi Pengolahan Air Perumda Tirta Pakuan

Published

on

Instalasi Pengolahan Air atau sering disebut juga dengan IPA, adalah suatu bangunan atau instalasi yang terdiri dari unit unit sperti intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi dan desinfeksi.
Instalasi ini digunakan untuk mengolah air baku permukaan yang keruh kemudian dialirkan masuk melalui intake untuk ditampung lebih dulu sebelum diolah.
Unit koagulasi adalah pemrosesan pertama air baku, pemberian kimia Poly Aluminium Chloride atau PAC dicampurkan ke air baku disini.
Masuk ke unit flokulasi, air baku membentuk gumpalan-gumpalan mulai terpisah antara lumpur dengan air. Kemudian pada unit sedimentasi gumpalan lumpur sudah benar-benar terpisah dibawah dan air naik ke permukaan.
Filtrasi, pada unit ini air yang sudah bersih dari lumpur, disaring kembali biasanya menggunakan pasir kuarsa hingga hasilnya yang keluar dari unit filtrasi tersebut telah menjadi air bersih namun belum layak konsumsi.
Pada tahap akhir adalah proses desinfeksi, yaitu proses pembunuhan kuman dan bakteri, pada tahap ini biasanya sudah dilakukan sampling oleh laboratorium sehingga air yang sudah terproses sempurna tadi dapat dipastikan layak untuk dikonsumsi dan siap didistribusikan.
#perumdatirtapakuankotabogor #bogorberlari #ikhtiaruntukkotabogor #instalasipengolahanair

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.