Connect with us

Budaya

Merawat Budaya Bangsa Dengan Melestarikan Pencak Silat

Published

on

BOGOR – Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia, olahraga pencak silat harus terus dilestarikan. Sebab, melestarikan pencak silat sama dengan merawat budaya bangsa. Pencak silat adalah seni beladiri asli Indonesia.

Ketika kita merawat, menjaga, dan melestarikan serta memajukan pencak silat, itu sama dengan kita merawat budaya bangsa kita sendiri. Demikian dikatakan Wirabrata Arifin, pimpinan Yayasan Palataran Pakujajar Sipatahunan (PPS) saat ditemui di kediaman nya, jalan loader No.2 kompleks bina marga Kota Bogor, Jawa Barat Indonesia, Kamis, (17/2/2022) siang.

“Pencak Silat, sebagai salah satu seni bela diri, merupakan tradisi khas Indonesia yang telah ada dari generasi ke generasi,” Kata Wirabrata Arifin atau yang akrab disapa abob.

Di Palataran Pakujajar Sipatahunan, terdapat beberapa kegiatan khususnya dalam melestarikan seni budaya. Untuk pencak Silat, langsung di bawah asuhan Agung Nurrohmat dari Paguron Sabda Sunda. Selain itu juga ada tarian tradisional jaipong, asuhan Andang R. Sanggar Dahayu Astramaya.

Advertisement

“Alhamdulillah untuk yang rutin latihan di Palataran, ada puluhan anak dari berbagai usia. Kalau semuanya sih ratusan, karena ada yang di pusat juga Sabda Sunda yang di Sukabumi,” Ujar Agung.

Tradisi Pencak Silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada Sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019. Pada sidang tersebut, terdapat 42 nominasi untuk di inskripsi sebagai Warisan Budaya Tak Benda, termasuk tradisi Pencak Silat dari Indonesia.

“Pencak Silat telah menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Tradisi Pencak Silat mengandung nilai-nilai persahabatan dan sikap saling menghormati,” Tutup Wirabrata Arifin. (redaksi)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.