Connect with us

Featured

13 Bulan Tugas di Papua “Pasukan Setan” Yonif 315 Garuda Balik Ke Markas

Published

on

Bogor – Sebanyak 400 “Pasukan Setan” telah kembali dari Papua secara lengkap dan utuh ke Markas Yonif 315/Garuda, Gunung Batu, Kota Bogor, pada Rabu (29/6/2022).

Kedatangan mereka disambut upacara defile marching band militer di sepanjang Jalan Raya Gunung Batu. Tampak Wakil Wali Kota Bogor, Kapolresta, Dandim 0606, hingga masyarakat ikut menyambut Pasukan TNI Baret Hijau tersebut.

Pasukan Yonif 315/Garuda bertugas sebagai Satgas Pamrahwan yang dilepas pada 23 Mei 2021 lalu untuk menjaga teritorial dan kedaulatan bangsa di Papua bumi selama 13 bulan.

Pasukan Setan itu bertugas di wilayah Mimika, Merauke, Mappi dan Asmat. Sejumlah 19 Pos penjagaan tersebar di 4 wilayah dengan jumlah 20 hingga 30 personel.

Advertisement

Saat tiba di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Pasukan Setan disambut oleh Pangdam lll/Slw Mayjen TNl Kunto Arif Wibowo didampingi Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin.

“Alhamdulillah selama bertugas disana belum pernah ada kontak senjata dengan pihak separatis KKB (OPM),” kata Komandan Yonif 315/Garuda, Letkol Inf Suryanto.

Dia menyampaikan rasa syukur, karena berkat do’a semuanya, Pasukan Setan itu bisa kembali dengan selamat dan utuh ke home base tercinta.

“Target utama kami adalah berangkat lengkap dan pulang pun harus lengkap, kemudian target yang kedua yaitu di daerah penugasan bisa merangkul masyarakat semaksimal mungkin,” kata Suryanto.

Advertisement

Pihaknya juga memegang teguh slogan yang diturunkan dari Korem 174/Papua yaitu “Baktiku untuk Papua”, yaitu berani untuk melindungi, mencintai harkat serta martabat orang Papua.

Lebih lanjut Suryanto menjelaskan, arti menjaga yaitu jangan pernah sekalipun menyakiti hati orang Papua, jika itu dilakukan maka masyarakat Papua akan antipati terhadap pasukan tersebut.

Dalam setiap kegiatan apapun, pihaknya berupaya untuk menarik simpati masyarakat di sana melalui pendekatan teritorial seperti pelayanan kesehatan, bercocok tanam, dan memberikan pengajaran. (redaksi)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.