Connect with us

Editorial

28 Tahun Menanti, Akhirnya Kota Bogor Rebut Piala Adipura

Published

on

KOTA BOGOR – Kota Bogor berhasil meraih Piala Adipura kategori Kota Besar dalam ajang Penghargaan Anugerah Adipura 2022 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto keberhasilan kota Bogor kembali meraih piala Adipura sejak 28 tahun lalu karena adanya kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Ini penantian yang panjang, ikhtiar yang panjang, ini cerita tentang kolaborasi, cerita tentang kerjasama dengan semua,” ucap Bima Arya saat ditemui di Taman Sempur, Kecamatan Bogor Tengah pada Selasa (28/2/2023).

Bima mengungkapkan bahwa raihan Piala Adipura dilakukan sejak tahun 2014 dengan belajar kebersihan dari Surabaya, menerapkan gerakan Bogorku bersih, mendorong lubang biopori, merumuskan Perwali tentang Larangan Kantong Plastik dan membentuk Satgas Ciliwung.

Advertisement

“Kami juga banyak berkolaborasi untuk melakukan edukasi terkait dengan memilah sampah dari hulu ke hilir, bekerjasama dengan plastik untuk mengelola sampah plastik di Galuga menjadi paving,” katanya.

Bima mengatakan, bahwa mendapatkan Adipura Ini bukan akhir, tapi ini merupakan awal untuk mempertahankan Piala Adipura tersebut.

Untuk itu, lanjut Bima dirinya menitipkan kepada Dinas-Dinas, siapapun Wali Kota-nya nanti harus mempertahankan Piala Adipura ini.

“Jangan sampai Adipura ini pergi lagi, Adipura harus tetap ada disini,” katanya.

Advertisement

“Ini bukan soal gengsi, tapi ini suatu kebutuhan kita dan keharusan kita untuk menjaga Kota Bogor agar tetap ramah lingkungan dengan pembangunan yang berkelanjutan,” tambah Bima.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor Denni Wismanto menuturkan Piala Adipura ini salah satu penghargaan untuk Kota Bogor.

Ia mengungkapkan, bahwa ada sekitar 80 kota besar di Indonesia yang mendapat penghargaan serupa.

“Pimpinan mendorong untuk melakukan suatu perbaikan-perbaikan. Terpenting kita harus banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak, gak bisa semua dilakukan oleh DLH sendiri,” tutur Denni.

Advertisement

Ia mengayakan, bahwa Piala Adipura ini sangat diharapkan oleh kota-kota di seluruh Indonesia. Sebab ini bagian dari salah satu managamen lingkungan.

Untuk itu, lanjut Denni pihaknya harus meningkatkan di seluruh sektor untuk mempertahankan Piala Adipura tersebut. “Disatu sisi ada yang kurang harus kita tingkatkan, kalau ada yang lebih harus kita pertahankan, semua kita coba dari beberapa komponen Adipura harus di tingkatkan, karena penilaian itu pasti setiap tahun ada perubahan,” ujarnya.

Sebenarnya, tambah Deni ada lagi yang lebih tinggi dari Piala Adipura yaitu Adipura Kencana. Adipura Kencana didapat jika salah satu kota mendapat Adipura berturut turut sebanyak tiga kali.

“Inilah yang kita harapkan, kita kerjasama dengan seluruh stekholder yang ada di Kota Bogor, siapa tau Adipura Kencana menjadi harapan kedepannya,” pungkasnya.(boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.