Connect with us

Featured

36 Milyar Anggaran Mesjid Agung Siap di Lelang Usai Lebaran

Published

on

KOTA BOGOR – Pembangunan Masjid Agung Kota Bogor akan dilanjutkan pada tahun 2023 dengan alokasi anggaran Rp36 miliar.

Di tahun 2023 ini menjadi tahapan terakhir penyelesaian pembangunan Masjid Agung Kota Bogor.

Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor menargetkan lelang proyek Masjid Agung Kota Bogor untuk tahun anggaran 2023 akan dilakukan setelah Lebaran 2023.

Hal itu dilakukan agar lebih cepat dikerjakan sehingga lebih cepat rampung di akhir tahun.

Advertisement

“Target kita tetap (masuk lelang) habis Lebaran itu. Kita segera mulai selesaikan, nggak mau tunda-tunda, biar cepat selesai cepat,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina, Rabu (29/3/2023).

Rena mengatakan, saat ini proses lelang masih ada revisi pada perencanaan setelah adanya beberapa atensi dari pimpinan terkait mengkoneksikan Masjid Agung dengan Alun-Alun Kota Bogor dan Blok F Pasar Kebon kembang.

“Bukan sky brigde sih bentuknya, cuma lebih kepada akses. Jadi ada tambahan, kita lakukan penyesuaian saja dan masih dibahas bersama Inspektortat. RAB (Rencana Anggaran Biaya, red)-nya kita bedah satu-satu, baru nanti kami persiapkan untuk lelang,” katanya.

Meskipun ada perubahan dalam perencanaan, ia memastikan alokasi yang dianggarkan tetap alias tidak berubah. Pihaknya juga sudah merampungkan survei terkait pemasangan menara pada Masjid Agung Kota Bogor.

Advertisement

“Alokasi tidak berubah. Tapi kami sesuaikan saja karena ada atensi dari pimpinan soal akses tadi. Intinya kami baru pemberkasan untuk lelang, siapkan KAK (Kerangka Acuan Kerja, red), RAB dan lainnya,” jelasnya.

Diketahui, Masjid Agung Kota Bogor sudah bisa digunakan kembali setelah proses pembangunannya sempat mangkrak beberapa tahun. Sejak akhir tahun 2022, Masjid yang berada dekat Pasar Anyar tersebut telah dibuka dan dapat digunakan untuk beribadah.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan pembangunan penyempurnaan Masjid Agung Kota Bogor akan dilanjut pada tahun 2023 dengan anggaran Rp36 miliar.

Bima Arya mengakui bahwa pembangunan Masjid Agung Kota Bogor belum sepenuhnya 100 persen rampung. Pembangunan lanjutan Masjid Agung di awali dengan ekspose perencanaan dan item-item yang akan dikerjakan oleh pihak kontraktor dalam penuntasan pembangunan Masjid Agung tahun anggaran 2023.

Advertisement

Bima Arya meminta agar tidak ada keterlambatan pengerjaan seluruh proses agar dikerjakan secara on time atau tepat waktu.

“Penuntasan tempat ini Masjid Agung yang terintegrasi dengan Alun-alun saya minta pengajuannya tepat waktu” katanya.

Bima Arya juga meminta agar Dinas PUPR segera melakukan koordinasi dengan pihak DKM terkait item-item yang akan dikerjakan dalam perencanaan lanjutan pembangunan Masjid Agung.(dit)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.