Connect with us

Featured

Pemkot Bogor Mulai Terapkan Tata Naskah Dinas Elektronik

Published

on

KOTABBOGOR – Sebanyak 95 persen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah mulai mewujudkan pengembangan sistem elektronik pemerintah (E-Government).

Hal itu dibuktikan dari masifnya penggunaan maupun pengelolaan tata naskah dinas secara elektronik atau Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dimasing-masing OPD hingga tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

“Seiring dengan sistem penyelenggaraan pemerintahaan berbasi elektornik (SPBE), salah satunya memang di Pemkot Bogor ini sudah diterapkannya surat menyurat atau tata naskah dinas elektronik, artinya semua pemangku jabatan atau kepala OPD dan pemangku jabatan harus memilik tanda tangan elektronik,” ucap Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor Lia Kania Dewi, Kamis (30/3/2023).

Menurut Lia, sistem TNDE tersebut sebetulnya sudah digulirkan sejak tahun lalu oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bogor, namun penggunaannya masih minim.

Advertisement

Namun, saat ini, pihaknya mewajibkan seluruh OPD dan aparatur wilayah untuk mengoptimalkan penggunaan TNDE. Sejauh ini, pihaknya mencatat 95 persen OPD sudah mulai beradaptasi dengan sistem surat menyurat digital tersebut.

“Seluruh dinas harus, kalau ada dinas yang belum kita akan optimalkan untuk menggunakan tanda tangan elektronik. Tinggal dua dinas yang belum, tapi mudah mudahan akhir april ini sudah bisa mempunyai (TNDE),” katanya

Mantan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor itu mengungkapkan keuntungan dari penyelenggaraan surat berbasis elektronik tersebut selain memudahkan proses pembuatan surat, TNDE juga diklaim dapat mempercepat koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sebab, ketika surat keluar ditujukan kepada seluruh dinas, secara otomatis dipastikan terkirim secara menyeluruh secara bersamaan tanpa membutuhkan tenaga kurir.

Advertisement

“Misalkan dari Bu sekda mengirim surat ke seluruh dinas, biasanya petugas yang mengantar berkeliling sampai ke kelurahan, namun sekarang dengan sekali klik otomatis terkirim. Mulai dari pembuatan surat, koreksi sampai dengan tanda tangan elektronik itu tidak terbatas ruang dan waktu. Artinya dimanapun berada bisa kita koreksi dan bisa tanda tangani surat yang memang perlu ditindaklanjuti saat itu juga,” jelasnya.

Jika dilihat dari sisi anggaran, lanjut Lia TNDE terbilang lebih hemat, kemudian yang paling penting adalah dari sisi waktu. Karena, hal itu juga selaras dengan misinya Wali Kota Bogor sebagai kota yang cerdas dan mau mengikuti perkembangan jaman.

“Jadi dimanapun bisa cepat terinformasikan. Saat ini TNDE akan diterapkan keseluruhan di lingkungan Pemkot Bogor, terkecuali surat dari masyarakat masih pakai fisik kertas. Tapi hanya sampai di admin, lalu disposisinya tidak beradar lagi,” tandasnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.