Connect with us

Featured

36 Perusahaan Ikut Ramaikan IPB Job Fair 2023

Published

on

Tingkatkan Daya Serap Bagi Mahasiswa dan Alumni, IPB University Gelar IPB Job Fair 2023

BOGOR – IPB University menggelar IPB Job Fair 2023 di gedung GWW IPB Dramaga pada 3 hingga 4 Juni 2023.

Rangkaian Job Fair ini sudah dimulai sejak bulan Mei lalu dengan nama Job Fair Akademi.

Sebanyak 36 perusahaan ikut andil dalam gelaran IPB Job Fair 2023 ini mulai dari BUMN dan Perusahaan Swasta .

Advertisement

“Hari ini kita akan melaksanakan Job Fair secara on side tanggal 3 dan 4 Juni 2023, kemudian akan dilanjutkan pada 5 hingga 30 Juni dengan Job Fair virtual,” ucap Direktur Kemahasiswaan IPB University, Ujang Suwarna Sabtu (3/6/2023).

Ia menjelaskan, tujuan digelarnya IPB Job Fair 2023 ini adalah ingin memberi wadah kepada mahasiswa dan alumni IPB untuk bisa bertemu dengan dunia usaha dan dunia indistri.

Selain itu, IPB Job Fair 2023 ini juga untuk meningkatkan daya serap bagi lulusan IPB yang nanti akan bekerja di dunia usaha dan dunia industri.

“Kami mencatat, bahwa tahun sebelumnya lulusan IPB itu sudah mendapatkan pekerjaan yang layak baik secara profesialonal dan wirausaha sekitar 75 persen,” ungkapnya.

Advertisement

Dalam IPB Job Fair 2023 ini akan banyak rangkaian kegiatan yang akan digelar, diantaranya akan ada training untuk mahasiswa masuk ke dunia kerja dan ada expo karir, dimana mahasiswa akan dipertemukan dengan dunia usaha dan industri, akademi tematik, karir expo, intership expo, interpreneurship expo, webinar dan chating online.

“Tanggal 5 hingga 30 Juni ini akan terus bergulir proses-proses yang sifatnya online, ada komunikasi alumni mahasiswa dengan HRD perusahaan terkait dengan kemudahan-kemudahan dan training-training yang diberikan perusahaan,” terangnya.

Pihaknya mencatat, sekitar 40 persen ingin menjadi profesional, dan 40 persen lagi ingin menjadi wirausaha dan sisanya ingin menjadi yang lainnya.

“Kita harapkan denga Job Fair ini kita bisa mempertahankan minat karir mereka, mereka punya cita-cita ingin menjadi profesional, wirausaha, dan mudah-mudahan dengan Job Fair ini bisa mewadahi minat-minat karir mereka,” harapnya.

Advertisement

Ia menerangkan, bahwa kegiatan yang digelar setiap tahun ini akan digelar dua kali dalam satu tahun, yakni di pertengahan tahun dan di akhir tahun. Sehingga dapat berdampak luas bagi mahasiswa dan lulusan IPB.

“Harapannya tahun ini pengunjung lebih banyak dibanding tahun lalu. Tahun lalu pengunjung yang on side hari pertama sebanyak 1300 orang dan hati kedua 1000 orang,” tandasnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Ke.ahasiswaan IPB University, Deni Noviana mengungkapkan ada tiga tujuan dengan diggelarnya IPB Job Fair 2023 ini, pertama mahasiswa bisa mendapatkan informasi yang baik dan lengkap dari perusahaan.

Kedua, mahasiswa memiliki peluang untuk melanjutkan sekolah, sebab pihaknya melihat ada peluang dari institusi yang menawarkan beasiswa.

Advertisement

Ketiga, lanjut Deni ada fasilitas mahasiswa untuk mengekspos kewirausahaan yang sudah mereka lakukan

“Jadi salah satu yang kita upayakan adalah ada 40 persen yang ingin menjadi interpreneur, 35 persen ingin menjadi profesional, 10 persen ingin menjadi seperti saya jadi dosen dan 15 persen ingin jadi birokrat,” jelasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.