Connect with us

Featured

Peringati Sumpah Pemuda, Ratusan Siswa- Siswi PKBM Bhakti Nusa Gelar Kemah Bersama

Published

on

BOGOR – Ratusan siswa siswi PKBM Bakti Nusa ikuti Camp Traning dan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di Bukit Panorama Pinus, Desa Sukajarja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Sabtu (28 Oktober 2023).

Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, PKBM Bakti Nusa dengan menggelar upacara secara khidmat di puncak Bukit Panorama Gunung Salak Kabupaten Bogor dipimpin oleh Muhammad Afhan Ketua Lembaga Pendidikan PKBM Bakti Nusa

Kegiatan program sekolah gratis Bakti Nusa Training Camp selama 2 malam pada Hari Sumpah Pemuda 2023 ini yang mengusung tema, “Tingkatkan Kualitas & Kreatifitas Tak Terbatas”, juga mengasah life skill marching band, kepramukaan, baris berbaris, project kelompok, untuk menguatkan karakter pelajar Pancasila.

Dalam pidato yang dibacakan Muhammad Afhan, peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini merupakan momentum untuk meningkatkan semangat para peserta didik untuk bersama-sama membangun bangsa.

Advertisement

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak siswa siswi dan tutor PKBM Bakti Nusa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong siswa siswi untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan bangsa Indonesia,” disampaikan Muhammad Afhan.

Turut hadir Ketua Forum Wartawan Jurnalis Satu, Yudi Surahman, Kepala Seksi Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat Winda Risma beserta jajaran staf Kecamatan Tamansari.

Sementara ketua forum Jurnalis Satu Yudi Surahman menyampaikan, ratusan siswa PKBM Bakti Nusa begitu antusias dalam mengikuti dalam kegiatan training camp.

Yudi berharap upaya pemberdayaan dan pengembangan peserta didik menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter pelajar Pancasila terus dikembangakan. “Upaya ini tentu tidak lain agar para peserta didik dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi,” ujarnya.

Advertisement

Sementara mewakili Camat Tamansari, Kepala Seksi Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat Winda Risma menyampaikan, melihat kondisi peserta didik saat ini, kita harus bersyukur karena terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. Peserta didik dan lulusan PKBM Bakti Nusa-Jurnalis Satu telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang.

Untuk itu, siswa siswi kita hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. “Apa yang dilakukan oleh peserta didik di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat siswa siswi saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya,” ucapnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju Indonesia Emas 2045

“Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada bangsa Indonesia, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah ini telah menjelaskan, bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” jelasnya.

Advertisement

Kepala sekolah PKBM Bakti Nusa Afan mengatakan, kegiatan ini kerap dilaksanakan baik di lingkungan PKBM maupun d luar PKBM. Ini merupakan wujud rasa kebersamaan dan gotong royong antar guru, forum wartawan dan murid serta masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar, salah satu contohnya bergotong royong membersihkan Gunung Salak seusai upacara Sumpah Pemuda.” pungkasnya. (yud)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.