Connect with us

Featured

Mudahkan Layanan STPLK, Polresta Bogor Kota Luncurkan SiKasep

Published

on

KOTA BOGOR – Polresta Bogor Kota meluncurkan inovasi layanan laporan kehilangan non tindak pidana tertentu model C atau Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan (STPLK) berbasis aplikasi yang diberi nama SiKasep Polresta Bogor Kota.

Dalam aplikasi tersebut terdapat 18 jenis layanan STPLK yang bisa dimohonkan tanpa harus datang ke kantor kepolisian.

18 jenis layanan STPLK tersebut diantaranya E-KTP, ijazah, surat nikah, kartu seluler, akte kelahiran, ATM, SIM, buku tabungan, BPJS, Kartu Keluarga, paspor, NPWP, kartu domisili, kartu pensiun, SK pegawai, buku raport, transkip nilai dan SKHUN.

“Laporan kehilangan non tindak pidana tertentu atau model C, seperti kehilangan E-KTP, ijazah, surat nikah, kartu seluler, akte kelahiran, ATM, SIM dan sebagainya. Ada 18 jenis,” ucap Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, usai peluncuran aplikasi SiKasep di Gedung Parana Satwika Polresta Bogor Kota pada Selasa, (28/5/2024).

Advertisement

Ia mengatakan, untuk masyarakat yang ingin mengakses aplikasi SiKasep dapat mengunduh terlebih dahulu di play store.

Kemudian, pemohon mengawali dengan mengisi lokasi kejadian dan dilanjutkan mengisi data pribadi yang disediakan oleh aplikasi dengan lengkap.

Lalu, petugas akan melakukan verifikasi dengan membubuhkan tanda tangan dan barcode nomor register secara otomatis.

“Bila sudah terverifikasi oleh petugas SPKT Polresta Bogor Kota dalam tempo waktu 15 menit akan ada ACC (disetujui) dan setelah itu masyarakat bisa mengunduh dan print di seluruh Kota Bogor,” jelasnya.

Advertisement

Kombes Bismo menjelaskan pemohon bisa melanjutkan ke instansi atau perbankan terkait sesuai dengan kepengurusan STPLK.

“Misalkan SIM diajukan untuk SIM baru, NPWP yang hilang diajukan ke kantor pajak, kemudian kalau buku tabungan yang hilang bisa ke bank. Dan untuk mengecek keaslian surat tersebut ada scan barcode,” ujarnya.

Peluncuran aplikasi SiKasep ini, kata Kombes Bismo sebagai upaya pihaknya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam layanan STPLK.

“Dengan hadirnya aplikasi SiKasep ini kami ingin memudahkan masyarakat di era digitalisasi, tanpa datang ke kantor kepolisian cukup di rumah, menghemat waktu dan tanpa ada biaya atau gratis,” ungkapnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.