Connect with us

Featured

Jelang Idul Adha, Pj Walikota Bogor Pastikan Kesiapan RPH Bubulak

Published

on

KOTA BOGOR – Menyambut perayaan Idul Adha, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk meningkatkan fasilitas di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bubulak.

Hal itu diungkapkan Pejabat (Pj) Walikota Bogor, Hery Antasari usai mengunjungi UPTD RPH Bubulak di Jalan HM. Syarifudin, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu (12/6/2024).

Hery Antasari, menyampaikan komitmennya untuk menjaga kualitas dan kebersihan RPH agar tetap optimal dalam melayani masyarakat.

“Untuk RPH, kita lihat hari ini kalau dari sisi fasilitas dan kelengkapannya masih berjalan dengan baik dan masih terjaga kebersihannya. Namun memang ada evaluasi dari Kementan bahwa sarana dan prasarana keseluruhannya harus ditingkatkan, dipelihara terutama tahapan higienis dan lainnya harus di jaga,” ujar Hery didampingi Kepala Dinas DKPP Kota Bogor Chusnul Rozaqi.

Advertisement

Menurut Hery, evaluasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut menjadi catatan penting bagi RPH Bubulak.

Hery menilai, bahwa RPH Bubulak berperan penting dalam menyediakan pelayanan pemotongan hewan untuk masyarakat, dengan rata-rata puluhan sapi dan kambing atau domba yang dipotong setiap hari. Hal ini menjadi prioritas karena terkait dengan kebutuhan dasar masyarakat akan daging dan produk ternak lainnya.

“Pemerintah harus hadir di sana, salah satu pelayanan yang meskipun bukan pelayanan dasar yang seksi dari masyarakat, tetapi kalau ada kejadian berkaitan dengan kesehatan hewan, arahnya pasti ke pemerintah karena berasal dari RPH-nya,” jelasnya.

Untuk memastikan peningkatan fasilitas tersebut, Pemkot Bogor akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Untuk itu Hery menekankan pentingnya penyempurnaan dan peningkatan fungsi RPH guna memberikan layanan yang lebih baik.

Advertisement

Ketika ditanya soal kapasitas RPH saat Idul Adha, Hery menjelaskan bahwa meskipun RPH mampu menampung hingga 100 ekor hewan dalam 24 jam, kapasitas tersebut bisa menjadi terbatas jika ada ribuan hewan yang harus dipotong.

Namun, ia memastikan bahwa RPH tetap dapat digunakan untuk pemotongan hewan qurban dengan jaminan kebersihan dan pemotongan sesuai syariat Islam.

“Saya pikir kalau ratusan bahkan ribuan hewan tidak akan menampung juga disini, karena disini kapasitasnya maksimal mencapai 100 kalau siang dan malam pemotongannya (24 jam). Tapi pada prinsipnya boleh, silahkan memotong di RPH ini kalau ingin ada jaminan pemotongannya sesuai dengan syariat Islam, kemudian kebersihannya terjaga dan sebagainya,” terang Hery.

Ia mengungkapkan, terkait retribusi pemotongan di RPH Bubulak sudah sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2023, yakni Rp80 ribu per ekor untuk sapi/kerbau, Rp13 ribu per ekor untuk kambing/domba, dan Rp400 per ekor untuk unggas.

Advertisement

“Retribusi ini hanya mencakup biaya pemotongan saja, tanpa termasuk pencacahan daging,” tutupnya. (dit)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.