Connect with us

Bisnis

Gedung Training Center Perumda Tirta Pakuan Siap Digunakan

Published

on

KOTA BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini sedang membangun gedung Training Center Tirta Pakuan di Jalan Raya Tajur, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.

Gedung Training Center ini nantinya akan menjadi pusat pelatihan peningkatkan kompetensi, potensi dan juga kapabilitas ‘tukang ledeng’ yang juga bisa dimanfaatkan oleh PDAM seluruh Indonesia.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, progres pembangunan gedung Training Center PDAM, saat ini memasuki tahapan finishing sejak peletakan batu pertamanya pada 6 Desember 2023 lalu. Ia menargetkan pada Agustus 2024 nanti bisa rampung dan diresmikan.

“Ini dijajakinya kan sudah lama sekitar 2 tahunan. Sekarang ini, pembangunan sedang tahapan finishing. Mudah-mudahan bisa beres di bulan Agustus dilanjutkan pembangunan interiornya termasuk dengan alat tekniknya disana. Jadi, pengetahuan tentang air minum itu tidak hanya sebatas teori tetapi secara praktek di lapangan,” kata Rino, Rabu (3/7/2024).

Advertisement

Rino menyebut gedung Training Center PDAM ini akan menjadi tempat pelatihan air minum satu-satunya di Indonesia, yang lengkap dengan berbagai macam alat demo teknik.

Pusat pelatihan ini, lanjut Rino nantinya bukan hanya untuk pegawai PDAM saja tapi juga untuk pegawai-pegawai PDAM di seluruh Indonesia.

“Ini bisa menjadi bahan diskusi untuk para Badan Perencanaan Pembangunan Riset Dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) seluruh Indonesia, untuk menentukan kebijakan-kebijakan tentang air minum. Termasuk membuat komitmen bersama dengan mengajak para walikota melalui APEKSI untuk juga memberikan informasi tentang air minum di tempat training centernya,” jelasnya.

Diketahui, gedung Training Center Tirta Pakuan dengan luas bangunan 327 meter setinggi dua lantai dengan fasilitas tujuh ruang kelas itu dibangun di lahan eks area gudang seluas 1.117 meter.

Advertisement

Meski belum diresmikan, namun program pelatihannya sudah dimulai pada 17 April 2024 lalu dengan tambahan sub departemen baru yaitu sub departemen pendidikan dan pelatihan. Pelatihan itu diikuti oleh beberapa peserta dari Perumda Tirta Pakuan dan beberapa karyawan PDAM se-Jawa Barat.

Untuk pengajar, kata Rino, Tirta Pakuan bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi).

“Sedangkan terkait dengan kegiatan pelatihan teknis, selain dari internal pengajarnya juga bekerja sama dengan beberapa vendor pemasangan pipa termasuk vendor aksesoris untuk valve, perpompaan dan display terkait dengan scada,” pungkasnya. (dit)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.