Connect with us

Editorial

Aliran Air Bersih di Zona 4B Terganggu, Tirta Pakuan Lakukan ini ..

Published

on

KOTA BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor berhasil mengatasi gangguan pelayanan di wilayah Kecamatan Bogor Barat dan sekitarnya, yang dikenal sebagai Zona 4B. Setelah dilakukan penelusuran, penyebab gangguan tersebut ternyata disebabkan oleh udara yang terjebak di dalam pipa pengaliran air.

Untuk mengatasi masalah ini, Direktorat Teknik Perumda Tirta Pakuan melakukan tindakan wash out atau pengeluaran udara melalui beberapa titik hydrant. Langkah ini terbukti efektif, sehingga aliran air kembali normal dan pelanggan di Zona 4B dapat menikmati layanan air bersih seperti biasanya.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan, melalui Direktur Teknik, Ardani Yusuf, menjelaskan bahwa tim teknik telah melakukan penelusuran menyeluruh dari pipa besar hingga pipa kecil untuk menemukan akar masalah.

“Setelah ditelusuri, kami menemukan adanya udara yang terjebak di dalam pipa, yang mengakibatkan aliran air tidak lancar di beberapa titik,” ujar Ardani kepada wartawan pada Minggu, (18/8/2024).

Advertisement

Salah satu contoh gangguan terjadi di kawasan Merdeka, tepatnya di gedung PKK. Ketika tim Tirta Pakuan mencoba membuka kran air di dalam gedung, air tidak mengalir meskipun seharusnya aliran air di wilayah tersebut berlangsung 24 jam.

“Setelah kami buka hydrant, ternyata ada udara yang terjebak. Setelah udara tersebut dikeluarkan, aliran air di sekitar kantor PKK kembali normal,” katanya.

Lebih lanjut, Ardani menjelaskan bahwa udara terjebak di pipa kemungkinan besar disebabkan oleh seringnya kebocoran yang terjadi di wilayah jalan Kapten Muslihat. Pipa yang digunakan di sana adalah pipa lama dari tahun 1970-an, yang mengalami kebocoran hampir setiap hari beberapa minggu terakhir.

“Tindakan buka-tutup yang kami lakukan untuk memperbaiki kebocoran ini menyebabkan udara terjebak di wilayah Jalan MA Salmun, Merdeka, dan Jalan Dr. Sumeru,” jelasnya.

Advertisement

Dengan tindakan pembuangan udara melalui WO dan hydrant, masalah gangguan pelayanan di Zona 4B akhirnya berhasil diatasi.

“Alhamdulillah, gangguan pelayanan di wilayah Zona 4B dapat terselesaikan dengan baik,” pungkasnya. (boy)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.