Connect with us

Featured

PN Bogor Launching RPTSP Untuk Beri Kenyamanan Dalam Pelayanan

Published

on

KOTA BOGOR – Pengadilan Negeri (PN) Bogor Kelas 1A meresmikan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (RPTSP) pada Kamis (22/8/2024).

Langkah ini diambil sebagai wujud komitmen PN Bogor dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, seiring dengan tuntutan zaman yang semakin modern dan dinamis.

RPTSP ini akan memfasilitasi layanan seperti Inzage Disdukcapil, E-Court, perdata, pidana, hukum, dan layanan umum lainnya. Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah mengakses berbagai layanan pengadilan secara cepat, transparan, dan efisien.

Peresmian RPTSP ini dihadiri oleh Dirjen Badan Pengadilan Umum Mahkamah Agung RI, Bambang Miyanto, Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Pj Walikota Bogor Heri Antasari, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, serta sejumlah pejabat lainnya.

Advertisement

Bambang Miyanto mengungkapkan bahwa peresmian ini merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pengadilan dengan lebih cepat, transparan, dan efisien,” ujar Bambang.

Sementara, Juru Bicara Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1A, Irwanto menambahkan bahwa RPTSP dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern dan sistem yang terintegrasi untuk memastikan kelancaran proses pelayanan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan di PN Bogor agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang terbaik,” kata Irwanto.

Advertisement

Ia juga menegaskan bahwa meskipun layanan yang disediakan di RPTSP bukanlah hal baru, pengadilan telah melakukan pembaruan signifikan dalam hal tampilan dan mekanisme pelayanan sesuai dengan standar terbaru yang diatur oleh SK Dirjen No. 114 Tahun 2004.

“Pembaruan ini sebetulnya adalah mekanisme peningkatan berkesinambungan. Jika dulu layanan mungkin kurang memadai, sekarang semuanya sudah lebih baik, memberikan kenyamanan lebih bagi masyarakat yang datang,” jelasnya.

Irwanto juga menyinggung persepsi masyarakat yang kerap merasa takut ketika berurusan dengan pengadilan.

“Itulah yang sekarang diubah oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya. Kami berusaha memberikan pelayanan maksimal secara humanis kepada para pencari keadilan dan pengguna layanan peradilan,” tambahnya.

Advertisement

Sementara itu, Pj Walikota Bogor, Heri Antasari, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh PN Bogor ini.

“Ini adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi warganya. Semoga RPTSP ini bisa menjadi contoh bagi instansi lainnya dalam hal pelayanan publik,” ucap Hery Antasari.

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.