Connect with us

Featured

Jaringan Lintas Iman Kunjungi Gereja Iglos, Ini Diskusinya..

Published

on

Bogor – Jaringan lintas iman, Sobat Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (Sobat KBB) Bogor – Depok mengunjungi Gereja Katolik ST.  Ignatius Loyola Semplak, Minggu (02/10).

Kehadiran rombongan anak muda yang terdiri dari Komunitas Gusdurian, Ahmadiyah, JPIC, YSK, GKI Gunung Batu, aliran Kepercayaan Sunda Wiwitan diterima oleh Pastor Paroki St. Ignatius Loyola Semplak RD Antonius Dwi Haryanto di pelataran Gereja.

Kunjungan ke Gereja Katolik ini merupakan rangkaian dari kegiatan kampanye kebebasan dan kemerdekaan beragama dan berkeyakinan di Jawa Barat.

Pastor Anton dalam menerima rombongan jaringan lintas iman di dampingi oleh Wakil Ketua I Dewan Pastoral Paroki Bpk Herly dan Wakil Ketua II bpk Kriswantoro serta perwakilan dari WKRI Bu Agnes Pinky, sie PSE Bpk Ronny Emil, SKK Paroki Carlos Kaju Karo, OMK Ano, serta Kepala Rumah Tangga Paroki Bapak Yohanes Agus.

Advertisement

Rombongan kemudian diajak masuk dalam Gereja dan mengenal secara detail tentang ornamen Gereja Katolik. Pastor Anton dan Pa Kris menjelaskan hampir semua pertanyaan tentang Sakramen, Patung Bunda Maria, Liturgi Gereja, Tata Ibadat termasuk perbedaan yang nampak antara Katolik dan Protestan.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dalam diskusi ringan di aula Gereja dengan mengambil tema acara “Mengenal Gereja Katolik dari Sumbernya”. Dalam diskusi ini diarahkan kepada pertanyaan seputar Gereja Katolik, Keimanan, Sakramen, Hirarkis, Santo dan Santa, orang Kudus, Peran Hirarki Gereja, Ajaran Sosial Gereja dan sebagainya.

Diskusi yang di pandu oleh JPIC berjalan mengalir. Semua pertanyaan seputar liturgi di jawab secara baik oleh Romo Anton dan Pak Kriswantoro.

Menurut Romo Anton acara seperti ini perlu terus di galakan mengingat gesekan atas nama agama cukup tinggi di Jawa Barat. Sementara terkait dengan kegiatan Gereja dan keterlibatan Gereja secara kemanusiaan di masyarakat di jawab oleh Ronny Emilianus Ketua PSE yang memberikan penjelasan tentang PSE Paroki yang mengurus seluruh aktivitas sosial Gereja termasuk sosial kemasyarakatan, seperti terlibat aktif dalam bantuan sosial bencana.

Advertisement

Sementara terkait dengan pertanyaan seputar Iman Katolik dan tradisi ajaran Katolik di jawab oleh Bapak Kriswantoro.

Di sela-sela acara diskusi, peserta yang Katolik mengadakan doa Angelus dan acara diskusi ditutup dgn makan siang bersama. (redaksi)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.