Connect with us

Berita Arsip

Gerakan Masyarakat menuju Indonesia bebas Tuberkulosis

Published

on

Kota Bogor – Indonesia merupakan peringkat ke 2 penderita TBC terbanyak setelah India, diperkirakan ada 1 juta penderita dan baru 324 ribu yang ditemukan, sementara di kota bogor, diperkirakan ada 4042 penderita dan baru 1896 yang ditemukan.
Penyakit TBC adalah penyakit menular dan mematikan. Ditularkan secara langsung melalui percikan dahak pada saat batuk, bersin dan berbicara. 1 orang penderita TBC dapat menularkan penyakitnya ke 10 – 15 orang disekitarnya dalam waktu 1 tahun. Setiap 18 detik 1 orang mati karena TBC.
Selain penyakit TBC biasa, ada penyakit TBC yang kebal obat, disebut dengan TB MDR ( Multi Drug Resisten) atau TB RO ( Resistan Obat). Jumlah penderita TB MDR di kota bogor sampai dengan hari ada 91 orang. TB MDR lebih sulit sembuh dan lebih mematikan, waktu pengobatan lama ( 2 th) dan biaya pengobatannya tinggi (sekitar 200 juta). Gejala Utama penyakit TBC adalah batuk berdahak lebih dari 2 minggu, bisa juga disertai batuk darah, sesak nafas, nafsu makan menurun, berat badan turun dgn cepat, demam/ meriang  yang tidak sembuh-sembuh dan berkeringat di malam hari.
Penyakit TBC bisa disembuhkan, dengan pengobatan yang teratur dan didukung dengan gizi yang baik dan gaya hidup yang sehat. Pengobatan TBC sebaiknya dilakukan di fasyankes yang sudah menerapkan strategi DOTS ( Directly Observed Treatment Shortcoures) yaitu di semua puskesmas di kota Bogor, RSUD, RSMM, RS Salak, RS Hermina, RS Medika Dramaga, RS Azra, RS BMC, dan RS PMI.
Strategi DOTS adalah tatalaksana penyakit TBC secara komprehensif, pengobatan terstandar internasional, didukung tim medis yang lengkap dan terlatih, dan dilengkapi dengan pencatatan dan pelaporan yang baik.
Penyakit TBC harus diberantas, dengan cara :
– Segera menemukan penderita TBC
– Mengobati penderita TBC sampai sembuh
– Melindungi masyarakat dari penularan TBC, melalui : gizi seimbang, PHBS, ventilasi udara dan cahaya yang baik di rumah dan tempat kerja
– Program pemberantasan TBC di kota Bogor melalui “ GERAKAN KETUK PINTU”
– Mari mengetuk pintu setiap rumah, memberikan penyuluhan tentang penyakit TBC dan merujuk setiap orang yang mengalami gejala TBC ke PUSKESMAS.
– Slogan Pemberantasan TBC : TOSS TB  (Temukan Obati Sampai Sembuh Semua Penderita TB)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Login dulu untuk mengirim komen Login

kasih komen

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.