Connect with us

Berita Terbaru

Kebon Kalapa Ladang Banjir dan Longsor, Salah Siapa? dan Bagaimana Solusinya

Published

on

BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Bogor mencatat sebanyak 856 bencana terjadi di Kota Bogor selama Tahun 2022. selama kurun waktu 2023 saja sudah terjadi puluhan bencana yang berkaitan dengan banjir, angin puting beliung dan longsor. Seperti halnya yang tejadi pada Hari Senin malam Tanggal 13 November 2023 Jam 19.00 WIB, di RW 5 dan RW 9 Kelurahan Kebon Kalapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, terjadi 2 bencana yaitu longsor dan banjir.

Diinfokan oleh Isnawati, seorang tokoh warga setempat, kejadian banjir di RW 9 dan longsor di bantaran kali RW 5 terjadi begitu cepat yang dikarenakan luapan air hujan dari got yang tersumbat dan penuh dengan endapan sehingga air tidak sempat terbuang ke sungai. Hal ini terjadi karena tata letak got yang melewati rumah warga, bahkan menjadikannya sebagai lubang pembuangan sehingga mempersulit proses pembersihan atau pengerukan endapan yang ada didalam got tersebut. Dan semakin ke ujung got tersebut semakin sempit, sehingga makin mempersulit air untuk langsung menuju ke sungai.

Menurut Teh Isna, permasalahan ini sudah di infokan dalam rapat RT/RW namun belum ada kelanjutannya. Mengingat kondisi ini sering terjadi di lingkungan RW, seharusnya sudah menjadi fokus prioritas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Bogor. Solusi yang warga inginkan adalah pengerukan dan pembersihan endapan got, namun hal tersebut sulit dilakukan dikarenakan saluran got yang berada sekarang melewati rumah-rumah warga, dan tertutup lantai. Solusi lainya adalah pembuatan saluran baru khusus untuk pembuangan air hujan agar bisa langung ke sungai, biasanya bisa menggunakan jalan umum warga (dibawahnya) dibuatkan saluran kemudian diatasnya ditutup dengan beton yang bisa di bongkar pasang. Namun, sekali lagi ini butuh perhatian Pemkot Bogor mengingat hal ini membutuhkan biaya yang sangat besar dan menggunakan anggaran.
(Cup)

Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.