Connect with us

Bisnis

Kebocoran Pipa di Pamoyanan Dalam Perbaikan, Perumda Tirta Pakuan Kirim Mobil Tangki ke Pelanggan

Published

on

BOGOR – Pipa milik Perumda Tirta Pakuan kembali mengalami kebocoran. Kebocoran kali ini terjadi dijalan Soemantadiredja, kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan.

Kebocoran pipa yang mengaliri pelanggan Tirta Pakuan di zona 2 ini diakibatkan tingginya tekanan air atau water hammer di kawasan tersebut.

Hal itu dikatakan Direktur Teknik (Dirtek) Perumda tirta Pakuan Ardani Yusuf saat meninjau pipa tersebut pada Rabu (17/5/2023).

Ardani mengungkapkan, pipa yang bocor tersebut telah berdampak terganggunya pelayanan air di wilayah zona 2. Meliputi sebagian besar wilayah Rangga Mekar dan juga Bogor Nirwana Residance (BNR).

Advertisement

Untuk memenuhi kebutuhan air di zona 2 yang berjumlah kurang lebih 4.000 pelanggan, pihaknya menyiagakan sejumlah mobil tangki air.

“Saya sudah koordinasi dengan bagian umum untuk dipersiapkan mobil tangki air dari pagi hari untuk memasok air di wilayah terganggu,” ucap Ardani.

Ia belum bisa memastikan waktu selesainya perbaikan itu. Mengingat kebocoran pipa terjadi di kedalaman lebih dari satu meter dan area perbaikan yang sempit. Saat ini pihaknya terus melakukan penanganan kebocoran pipa tersebut.

“Posisinya agak sulit, bisa dilihat dan sper untuk perbaikannya sempit, kami harus menggali untuk membuka area mempermudah pengelasan. Jadi kami belum bisa pastikan, tapi kami akan berusaha secepat mungkin,” jelasnya.

Advertisement

Ardani menjelaskan untuk mengantisipasi kejadian serupa dengan memasang Pressure Reducer Valve (PRV) 12 inchi di wilayah Cipaku. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tekanan dari air khususnya wilayah Jembatan Pamoyanan.

“Ini daerah cekungan. Tekanan air di sini kurang lebih 7 Bar yang diibaratkan tekanan air ke atas itu sekitar 70 meter. Itu sangat besar tekanannya. Dengan PRV diharapkan dari 7 Bar bisa mengurangi 3 sampai 4 Bar, semoga di sini tidak terganggu lagi kedepannya,” ujarnya.

Selain PVR, pihaknya juga akan memasang air valve di beberapa titik terutama di wilayah atas zona 2.

“Iya, khususnya di punggungan, misalnya di belokan ke Rangga Mekar dipasang satu titik, kemudian di dekat perumahan Onix satu titik, dan Sawah Bera satu titik, yaitu untuk mengurangi terjadinya water hammer,” pungkasnya. (boy)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement

Trending

Berita Online paling Hade, Aktual dan Terpercaya.
Redaksi Perumahan Bogor Park Blok D 12 Pamoyanan Kota Bogor
Inquiry: bogorhdnews@gmail.com WA: 0818486109
Copyright © 2022 BogorHDNews.com. Theme by genbu.